Pesta Teluk Ambon dan Launching HPN 2017

Ambontoday.com, Ambon – Pembukaan Pesta Teluk Ambon dan launching Hari Pers Nasional (HPN) 2017 di lapangana Upacara Pulda Maluku Tantui, Kamis (8/9)
Dua iven tersebut disambut baik oleh masyarakat Kota Ambon, mana pada lokasi kegiatan tersebut dipadati oleh masyarakat.
Dalam acara pembukaan tersebut diwarnai dengan pementasan paakin khas Maluku dari sebelas Kabupaten Kota yang ada, serta ditampil¬kan pula parade karnaval bu¬daya multi etnis nusantara, pasangan muda-mudi yang mengenakan pakaian adat dari 34 provinsi.
Gubernur saat membuka event mengatakan Pesta Teluk Ambon yang ke 11 telah menjadi agenda Pariwisata tahunan Pemprov Maluku dalam ra¬ngka memperingati hari pari¬wisata dunia, yang diperi¬ngati tanggal 27 September, menetapkan pelaksanaan Pesta Teluk Ambon usai Hari Pariwisata Dunia, namun tahun ini pelaksanaannya di majukan 8 – 10 September.
“Kita majukan pelaksana¬an¬nya dalam rangka menye¬marakan HUT GPM yang ke-81 dan HUT Kota Ambon ke-441. Sekaligus kita rangkai¬kan dengan launching HPN 2017 yang akan dilaksana¬kan di tanggal 9 Februari 2017,” katanya dalam sambutan.
Pesta Teluk Ambon, sesungguhnya mencerminkan dua hal, yang sangat khas untuk Maluku yaitu Teluk Ambon memiliki keindahan yang sangat menakjubkan sekali¬gus menjadi pusat transpor¬tasi dan perdagangan Pro¬vinsi Maluku yang dikenal sejak zaman kolonial hingga dewasa ini.
“Selama ini Ambon yang indah ini selalu kita saksi¬kan perahu dan kapal yang datang dan pergi sebagai pertanda teluk ini sebagai urat nadi kehidupan kita, apalagi dewasa ini di Teluk Ambon telah terpancang dengan megah Jembatan Merah Putih yang juga menambah keindahan teluk ini,” katanya.
Hal lainnya, Teluk Ambon memiliki nilai historis dan sosial kultural yang sangat kaya, jika diperhatikan se¬cara baik Teluk ini berada di antara wilayah Leihitu dan Leitimur.
Disisi lain, Gubernur juga mendukung ide cemerlang Dinas Pariwisata Maluku yang telah merencanakan event pariwisata bertaraf nasional dan internasional di Maluku pada tahun 2017 diantaranya Tour the Molu¬cas, Lomba Diving Interna¬sional untuk meriahkan HUT RI dan Maluku Tahun 2017, serta Festival Teluk Ambon tingkat Nasional.

Pesta Teluk Ambon akan berlangsung 8 – 10 September dengan agenda Lomba Arumbae Manggurebe yang diikuti oleh 8 group yang ber¬asal dari 7 desa, mancing tradisional yang diikuti 61 grup, perahu semang laki-laki yang diikuti oleh 32 peserta, perahu semang perempuan 12 group, lomba foto Alam Beta Indah 25 peserta dari siswa SMP dan SMA se-Kota Ambon.
Selain itu juga ada ke¬giatan pendukung bersih pantai dan danau, pameran souviner kuliner dan parade karnaval budaya Maluku, parade perahu hias yang diikuti SKPD, BUMD/BUMN serta perbankan.
Ketua Penasehat PWI pusat Tarman Azzam mengungkap¬kan rasa bangga, karena telah memilih Ambon seba¬gai tempat pelaksanaan HPN 2017.
“Saya bangga karena telah memilih Ambon sebagai tuan dan nyonya rumah pelaksanaan HPN 2017 dan ini merupakan pe¬laksanaan yang ke-32. Dengan HPN kita bisa sadar kalau pers adalah milik kita bersama, sehingga pelaksanaan HPN nanti bukan saja milik pers nanum milik semua elemen, saya juga sangat bangga bahwa tema penyelenggaraan HPN, yang rangkaiannya di mulai dari bulan ini, yakni Pers dan Masyarakat Bangkit dari Laut, ini menyatakan dukungan pers bagi Maluku yang merupakan provinsi kepulauan di Indonesia” katanya.
Diharapkannya, kiranya pelaksanaan HPN nanti Maluku dalam hal ini Kota Ambon akan menjadi Tuan dan Nyonya rumah yang baik dan ramah. (AT.007)

Jadilah Orang Pertama share:
author