25027 DPT Malteng Ditetapkan

No comment 452 views

Ambontoday.com, Masohi – Sebanyak 25027 DPT ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Tengah sebagai acuan utuk persiapan pemilahan Kepala Daerah, dan juga Pilpres nanti.

Kepada Ambontoday.com Ketua KPU Malteng Ridwan Tomagola S.Pd.M.Pd mengatakan bahwa penetapan pertama DPT Kabupaten Malteng untuk persiapan pemilihan Presiden dan akan menjadi acuan untuk setiap Bakal calon maupun calon Bupati dan wakil Bupati yang ingin mencalonkan diri melalui independen atau perseorangan.

“Kami menetapkan DPT tersebut untuk lebih mempermuda administrasi terhadapa calaon Perseorangan Bupati dan Wakil Bupati nanti” Kata Tomagola.
Dikatakan juga bahwa, berdasarkan PKPU no 3 tahun 2016 yang mengatakan bahwa tanggal 22 mei 2016 adalah hari penetapan DPT terakhir, mengingat PKPU no 3 tahun 2016 atas kehendak tahapan program dan jadwal pilkada, Mendasari itulah KPU Malteng melakukan pleyning penetapan DPT pilpres sebagai dasar bagi persyaratan dalam rangka pilkada.

Lanjut Katua KPU berdasarkan amanat PKPU pasal 41 ayat 2.pasal 1 ayat 2 yang isinya untuk calon perseorangan prasarana itu berdasarkan pihak pemilu tapi pasca keputusan MI NO 60 PUU-1X/KPU/2016 itu di putuskan bahwa tidak lain berdasarkan jumlah penduduk,tetapi berdasarkan jumblah perseorangan dan tidak keluar dari Undang-undang No 25 terkait Pemilu.
Ditambahkan juga bahwa dari jumlah DPT yang ada maka diwajibkan bagi calon Bupati yang masuk melalui independen harus mencakup dukungan sebanya 50 persen atau mendapat dukungan penuh dari 10 Kecamatan dari 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Malteng. (AT.008)

Jadilah Orang Pertama share:
author