Power Justice Bebaskan Biaya Pendidikan Jika Terpilih Jadi Bupati MTB

Ambontoday.com, Saumlaki – Salah satu misi pasangan calon Power Justice adalah Bangun Masyarakat yang sehat fisik dan mental, serta cerdas dan kompetitif. Hal ini dijabarkan dalam 4 bidang yakni bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang sosial dan bidang tenaga kerja.

Dalam kampanyenya di desa Wermatang, kecamatan Wermaktian kemarin, Calon Bupati Petrus Paulus Werembinan memaparkan kepada masyarakat bahwa jika pasangan Power Justice dipercayakan oleh masyarakat untuk memimpin daerah julukan Duan Lolat itu lima tahun kedepan maka pihaknya bakal melakukan berbagai terobosan dibidang pendidikan seperti: mengalokasi biaya pendidikan sebesar 20% dalam APBD Kabupaten untuk memenuhi kebutuhan belajar-mengajar di sekolah, Meningkatkan angka partisipasi anak usia sekolah melalui Wajib Belajar 12 tahun, melakukan distribusi penempatan guru dan tenaga kependidikan secara merata.

“Kami akan menyediakan tunjangan kinerja bagi para guru honor dan tenaga kependidkan honor, Revitalisasi peran komite sekolah dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menunjang pendidikan lokal, Mendirikan pusat-pusat pendidikan formal dan informal berbasis keunggulan potensi lokal, seperti SMK Perikanan dan Kelautan, SMK Pelayaran, Pusat Pelatihan Industri Tenun Ikat, serta memberikan peluang bagi putera-puteri daerah untuk berprestasi di bidang seni dan olahraga” katanya.

Sementara untuk menekan semakin bertambahnya angka putus sekolah yang dipengaruhi oleh faktor kurang mampunya orang tua dalam membiayai anak disekolah, salah satu program unggulan yang bakal dilakukan adalah penyediaan kebutuhan sekolah secara gratis kepada para siswa mulai dari jenjang PAUD hingga SMA dan SMK, pemberian tabungan pendidikan bagi siswa SD sampai SMA dan SMK disetiap tahun ajaran yang berprestasi, begitupun pemberian beasiswa S1, S2, dan S3 bagi putera dan puteri asli daerah MTB sesuai program studi yang relevan sehingga saatnya nanti mereka kembali dan mengabdi bagi daerah.

“Kami akan menyediakan kebutuhan sekolah secara gratis seperti pakaian seragam, tas, sepatu, buku, dan alat tulis bagi seluruh siswa PAUD sampai SMU dan SMK setiap tahun ajaran, sedangkan bagi yang berprestasi, kita akan berikan tabungan pendidikan bagi siswa SD sampai SMU dagi siswa siswi yang berlatar belakang keluarga kurang mampu namun mendapat peringkat 1, 2, 3 pada saat tamat sekolah. Selanjutnya, ada juga Pemberian beasiswa S1, S2 dan S3 bagi anak-anak MTB untuk belajar di luar daerah pada program studi yang relevan dengan pengembangan potensi sumber daya alam MTB” tutur mantan ketua DPRD MTB 2 periode ini.

Wakil Bupati MTB periode 2012 – 2017 ini menambahkan pula bahwa selama ini pemerintahan Bitsael Temmar dan dirinya telah melakukan terobosan kerjasama dengan pemerintah Australia Utara dalam hal pertukaran guru dan siswa, sehingga pihaknya tetap berkomitmen untuk melanjutkan program tersebut jika nantinya terpilih dalam Pilkada 15 Februari mendatang.

“Kita akan memperkuat kerjasama dengan Pemerintah Northern Theritory, Australia dalam mengirim guru dan siswa ke Darwin dan atau kota-kota lain di Northern Theritory sebagaimana yang sudah berjalan selama ini” tuturnya.

Untuk diketahui, Pasangan Petrus Paulus Werembinan dan Jusuf Sillety atau Power Justice adalah calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) nomor urut dua yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dengan mengusung visi: MTB berdikari dan religius dalam semangat Duan Lolat.

Visi tersebut dijabarkan kedalam misi pasangan Power Justice dan terurai dalam lima bangun sebagaimana Lambang MTB bersudut lima yang melambangkan Pancasila, yaitu: Bangun aparatur pemerintahan yang profesional dan bebas KKN serta layanan publik yang tepat, mudah diakses, cepat, dan murah; Bangun masyarakat yang religius, toleran dan melindungi Duan Lolat dalam budaya Tanimbar; Bangun masyarakat yang sehat fisik dan mental, serta cerdas dan kompetitif; Bangun masyarakat yang berdikari secara ekonomi; serta Bangun infrastruktur yang memadai dan merata dengan mempertahankan kelestarian lingkungan. (AT.008)

Jadilah Orang Pertama share:
author