Prediksi, Oyang Noach Akan menangkan Pilkada MBD

Ambon, ambontoday.com – Tepatnya hari ini 09 Desember 2020 pemilihan Kepala Daerah serentak,Hal yang sama terjadi di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Piter Titirloloby,S.Pd.,M.Pd menyampaikan prediksinya dengan hitungan kalkulatif politik yang melihat pada beberapa indikator sesuai dengan karakteristik pemilih di Kabupaten Maluku Barat Daya,Kepada Crew Ambon Today (09/12/20).

3 pasangan Calon Bupati asal Maluku Barat Daya itu tentu merupakan figur terbaik namun dalam pilihan politik pasti ada yang menang dan ada yang kalah.
Penentuan kemenangan itu bersumber dari rakyat sebagai pemilih serta sistem kerja yang baik dari tim sukses.

“Ada 3 karakter pemilih sangat mendasar yakni Pemilih Rasional,Pemilih tradisional Material dan pemilih Fanatik”

Analisa saya,terhadap ke-3 karakter pemilih masyarakat Maluku Barat Daya masi mendominasi 50-75% pada pemilih tradisional Material dan Fanatik sedangkan 25%sisanya adalah pemilih rasional.Dari 3 karakter pemilih yang mendominasi ini akan sangat menguntungkan pihak petahana karena rakyat akan lebih terfokus pada doktrinasi dari para tim sukses pada Pokar dan akar Rumput untuk menjatuhkan pilihan pada Petahana,Jelas Piter.

“Apalagi dengan didukung oleh pemilih tradisional material dan fanatik mengedepankan isu religi,adat istiadat dan geopolitik dari dari ketiga pasangan yang ada. Analisa saya pasangan nomor urut 2 masi sangat mendominasi” yang menjadi senjata ampuh dari petahana adalah terbukanya akses politik lintas birokrasi secara tersistimatis dan penyebaran ASN yang mungkin saja lebih memilih melangkahi aturan untuk politik praktis asalkan menang dan belum ditambah lagi dengan barisan ratusan timsus intelektual yang terhimpun dari para pegawai honor daerah yang begitu mencintai pasangan petahana serta tim lapisan akar rumpun,Pokar dan simpul-simpul yang masi terawat dengan rapi.

Ada 9 partai pengusung pasangan petahana dan yang membuat sedikit geger adalah pasangan petahana didukung oleh partai penguasa.

Pertarungan kepala daerah ini akan sangat menarik karena pertarungan doubel Garden di ring provinsi hingga ke Kabupaten yang tidak harus saya sebutkan.

Dari prediksi singkat ini saya sampaikan bahwa pasangan calon Bupati urut nomor urut 2 akan memenangkan PILKADA di Maluku Barat Daya Kali ini.Mendahuluinya saya ucapkan Selamat atas kemenangannya.Kidabela,tutup Piter (AT/niko)