13 June 2024
Kota Ambon Politik

Proses Pendaftaran Bacaleg Partai Buruh Hingga Akhir Maret

Ambontoday.com, Ambon.- Ketua Exco Partai Buruh Maluku, Max Laritmas kepada wartawan, Kamis 23 Februari 2023 menyampaikan, Kunjungan Presiden Partai Buruh, Ir. H. Said Iqbal,ME pada Selasa pada Selasa 21 Februari 2023 ke Maluku khususnya kota Ambon adalah dalam rangka Konsolidasi ke partaian dalam bentuk road show Persatuan Buruh se Maluku karena pesatuan buruh di jakarta itu seluruh komponen Buruh se Indonesia dengan seluruh organisasi-organisasi buruh yang ada di Indonesia telah bersatu dan bersepakat untuk melakukan deklarasi deklarasi setelah deklarasi itu Dari seluruh organisasi itu akan meneruskan hasilnya ke seluruh tingkatan baik itu provinsi maupun kabupaten kota sebagai keterwakilan dari organisasi buruh.

Maksud dan tujuan dari persatuan buruh ini adalah untuk bisa memperkuat partai buruh dalam rangka melakukan konsolidasi-konsolidasi dengan tahapan dalam hal ini untuk menghadapi Pemilu 2024 sehingga ada keterwakilan dari partai buruh itu sendiri di parlemen.

“Jadi tujuan utama itu selain kegiatan road show presiden partai ini juga ada beberapa agenda penting yang perlu untuk harus dilaksanakan salah satunya percepatan untuk Bacaleg baik itu DPR RI, DPR Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota.

Kalau di partai buruh itu ada  beberapa tahapan dan kita sudah ada di tahapan kedua dalam hal ini pemberkasan Bakal Calon Legislatif atau Bacaleg baik DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota,” jelas Max.

Dikatakan, untuk partai buruh yang ada di Maluku sendiri itu sudah ada di tahapan bukan lagi penjaringan tapi sudah penetapan berdasarkan progres partai dalam hal ini pendaftaran online setelah pendaftaran online kita akan ada di pendaftaran manual.

Pendaftaran manual ini berdasarkan apa yang merupakan petunjuk dari Exco Nasional. Exco itu berarti eksekutif komite atau komite eksekutif nasional presiden ini untuk memperkuat bacaleg yang ada di setiap kabupaten kota, jadi roadshow ini yang dilaksanakan ini di 17 provinsi yang didalamnya salah satunya Maluku yang sebagai road show terakhirnya presiden partai.

“Nanti ada kelanjutannya road show Presiden sampai dengan 38 provinsi karena partai buruh telah terbentuk di 38 provinsi ada sekitar 400 sekian kabupaten kota yang ada di Indonesia dan salah satunya itu Maluku sudah ada di tahapan tahap 3 untuk bacaleg sensendir

Jadi kalau untuk Maluku berkaitan secara langsung dengan bacaleg di kabupaten kota yang masih terkendala ini Kabupaten MBD namun progresnya tetap jalan sudah memasuki 50% itu berarti bahwa sudah ada bacaleg tapi syarat-syarat pemenuhan itu kan perlu untuk harus dilengkapi misalnya 30% perempuan itu masih menjadi kendala Karena tidak semua tidak semua masyarakat mau terlibat secara langsung di politik,” jelas Laritmas.

Untuk kabupaten Kepulauan Tanimbar, lanjutnya, itu tahapan proses Bacaleg sudah 99% hanya tinggal pemberkasannya saja.

Itu berarti dari tahap pertama kedua itu sudah dilaksanakan baik itu online maupun offline offline sudah dilaksanakan dan sudah ada data akhir bahwa partai buruh di Kepulauan Tanimbar itu memenuhi syarat.

“Di Tanimbar itu tidak sulit mendapatkan Bacaleg karena sistim penjaringan Bacaleg Partai Buruh itu berbeda. Yang pertama bahwa partai buruh itu tidak bicara soal masalah masalah biaya pendaftaran alias gratis.

Untuk Maluku Tenggara itu kita punya progresnya itu sudah 75% kita masih menunggu lagi sampai dengan nanti akhir bulan bulan Maret.

Untuk Kota Tual itu sudah lebih dari 85% dan progresnya masih berjalan begitu juga di Kota Ambon sendiri itu sama antusias masyarakat untuk bergabung dengan partai buruh cukup luar biasa bahkan caleg yang mendaftar itu melebihi target.

Seluruh proses Bacaleg di kabupaten/kota lain juga tetap jalan dan sesuai keputusan batas akhir pendaftaran Bacaleg itu pada Maret 2023,” papar Laritmas.

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X