Putus Bebas Wali Kota Tual Dibantah PN Ambon

Tidak ada komentar 439 views

Ambon, Ambontoday,com – Beredarnya informasi Putusan kasasi oleh Mahkamah Agung yang membebaskan Wali Kota Tual Aktif Adam Rahayaan dalam kasus berjamaah dugaan korupsi dana Asuransi DPRD Maluku Tenggara periode 1999 – 2004 senilai Rp5,78 miliar di bantah Humas Pengadilan Negeri Ambon Fery Setia Budy.

Setia Budy ketika ditemui di ruang kerjanya Kamis (9/02)menyampaikan Pengadilan Negeri Ambon hingga kini belum mendapat salinan putusan Kasasi Wali Kota Tual Adam Rahayaan terkait dugaan korupsi Dana Asuransi sehingga ada informasi terkait putusan bebas oleh Mahkamah Agung maka tidak benar.

Dikatakanya, apabila ada informasi yang berkembang bahwa salinan putusan Mahkamah Agung telah dikantongi Kuasa Hukum Adam Rahayaan maka pihaknya meragukan legalitas dari salinan putusan tersebut karena hingga kini Pengadilan Negeri Ambon secara resmi belum mendapat Salinan putusan dari Mahkamah Agung.

‘’Mekanisme perkara kasasi di Mahkamah Agung adalah setelah putusan akan ada pemberitahuan awal kepada Pengadilan Negeri setempat atau bisa di lihat di website resmi Mahkamah Agung , paling lambat membutuhkan waktu satu minggu Mahkamah Agung akan mengirim salinan putusan perkara tersebut kepada Pengadilan Negeri setempat dan selenjutnya dari pengadilan Negeri akan melakukan pemberitahuan kepada pihak yang berperkara dan mengekspose ke media, jadi bila ada isu yang berkembang bahwa sudah ada putusan kasasi Wali Kota Tual maka patut dipertanyakan sumber informasi tersebut,’’ ungkapnya.

Terpisah Humas Kejaksaan Tinggi maluku Samy Sapulete melalui telepon selulernya menyampaikan bahwa hingga kini Kejaksaan tinggi maluku belum mendapat salinan putusan Kasasi Walikota Tual.

‘’Sampai hari ini kita belum dapat informasi terkait putusan kasasi wali kota tual apa lagi salinan putusanya kita masih menunggu putusan kasasi dari mahkama agung’’ jelasnya. (AT-010)

Jadilah Orang Pertama share:
author