Rakornas Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kota Ambon

Ambon, Ambontoday.com – Guna menghimpun informasi yang berkembang di Masyarakat, karena 5 desa yang jabatannya akan berakhir tahun 2017, Pemerintah Kota Ambon melalui Badan Pemerintahan Desa (BPD) Kota Ambon menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak di Kota Ambon.

Berdasarkan UU Nomor 6, Peraturan Pemerintah Nomor 43 dan Kemendagri Nomor 112 mensyaratkan Pemilihan Kepala Desa serentak di seluruh kabupaten/kota dengan dasar peraturan yang dipakai adalah perauran daerah. Hal ini dikatakan Kepala Badan Pemerintahan Desa (BPD) Kota Ambon, Steven Dominggus kepada awak media usai kegiatan dimaksud, Rabu (10/5/2017) di ruang rapat Lantai II Balai Kota Ambon.

Dikatakan, dengan kebutuhn regulasi yang dimiliki akan membuat aspirasi masyarakat berkembang. Maka, pelaksanaan pemilihan serentak bagi kepala desa dapat terselenggara dengan informasi tertulis untuk menjadi pedoman yang dapat diatur.

Sedangkan, terkait dengan panitia pemilihan akan dikoordinasikan bersama dengan KPU Kota Ambon, dengan aspek-aspek pembiayaan yang telah dilaksanakan sebagai acuan.

“Lima desa yang masa jabatan kepala desa berakhir tahun 2017 adalah Desa Poka, Negeri Lama, Galala, Latta dan Nania,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Kota Ambon belum ada perda, sehinnga hal ini menjadi kewajiban daerah untuk menyusun, agar dapat diprioritaskan pada anggaran 2018 tentang peraturan desa. (AT-009)

author