17 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Ekonomi Kota Ambon

Rencana “Gemuruh Kuljar” DKP Maluku Dapat Dukungan BPBL Ambon

Ambontoday.com, Ambon.- Pemerintah Daerah Provinsi Maluku melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Maluku berencana menggelar kegiatan Gerakan Menanam Rumput Laut Kultur Jaringan (Gemuruh Kuljar).

Gerakan ini dimaksudkan untuk meningkatkan potensi budidaya rumput laut bagi masyarakat, selain itu juga untuk memacu minat masyarakat untuk meningkatkan taraf ekonomi lewat budidaya rumput laut.

Demikian disampaikan Kepala Dinas DKP Maluku, Dr. Ir. Erawan Asikin, M.Si belum lama ini saat diwawancara.

“Ini masih rencana dan kami harap kalau terlaksana akan melibatkan sejumlah kelompok masyarakat Budidaya yang selama ini sudah melakukan usaha budidaya rumput laut yang ada di seluruh kabupaten/kota di Maluku.

Rencana ini digagas oleh Bidang Perikanan Budidaya P2HP, Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku,” ungkap Asikin.

Dikatakan, karena masih bersifat rencana maka terkait waktu dan pelaksanaannya belum bisa dipastikan kapan, karena DKP Maluku harus melakukan koordinasi dengan instansi terkait serta kelompok-kelompok masyarakat Budidaya Rumput laut yang ada di Maluku.

“Kami masih melakukan koordinasi dengan berbagai pihak khususnya instansi terkait serta kelompok masyarakat Budidaya rumput laut guna mensukseskan rencana dimaksud,” ucap Kadis DKP.

Sementara itu, rencana DKP Maluku juga diakui Sarwono, S,St.Pi, Kepala Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon.

Menurutnya, rencana yang di gagas melalui Bidang Perikanan Budidaya P2HP Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku ini sangat positif sekali bagi upaya menggalakan budidaya rumput laut di masyarakat.

Dikatakan, secara teknis, BPBL Ambon tetap siap mendukung rencana kegiatan dimaksud.

“Dari sisi teknis kami siap untuk mendukung rencana kegiatan ini. BPBL Ambon juga memiliki laboratorium kultur jaringan untuk pengembangan bibit rumput laut dengan kwalitas bagus.

Kalau rencana ini jadi dilakukan maka, kami siap untuk mendukung dengan menyediakan bibit rumput laut kultur jaringan demi terlaksananya kegiatan dimaksud,” jelas Sarwono.

Saat ditemui di ruangannya, Rabu 8 Februari 2023, Kepala Bidang P2HP Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku, Karolis Iwamony, menyampaikan, saat ini pihaknya sementara gencar melakukan berbagai koordinasi guna pelaksanaan rencana dimaksud.

“Soal kepastian rencana kegiatan Gemuruh Kuljar ini belum bisa kami sampaikan karena memang saat ini kami sedang melakukan berbagai koordinasi secara intens terutama soal teknis pelaksanaan.

Kegiatan ini masih bersifat rencana, karena itu kita perlu melakukan berbagai koordinasi dalam rangka kesiapan pelaksanaannya,” kata Iwamony.

 

 

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X