Birokrasi dan Pemerintahan Kota Ambon

Sadar Administrasi, Masyarakat Penuhi Lapangan Merdeka Ambon

 

Ambon, Ambontoday.com– Sadar akan pentingnya administrasi  masyarakat Indonesia khususnya di Provinsi Maluku, masyarakat yang ada di 11 Kabupaten/Kota di Maluku berbondong-bondong datang mengurus administrasi di Lapangan Merdeka Ambon.

Pernyataan ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon, Selly Haurissa kepada Metro Maluku di ruang Kerjanya, Jumat Kemarin.

Menuritnya, program Gerakan Indosesia Sadar Administrasi (GISA) adalah program Kemneterian Kependudukan dan Catatan Sipil RI yang dilaksanakan bagi seluruh provinsi secara serantak di Indonesia yang dimulai dari tanggal 1-3 Maret kemarin.

“Maka itu seluruh masyarakat dari 11 Kabupaten/ Kota sangat antusias datang mengurus administrasinya,” katanya.

Dia mengakui, dari data yang ada dua daerah yang memiliki jumlah pengurusan adminstrasi terbanyak adalah Kabupaten Maluku Tengah dan Kota Ambon. “Ini dilihat dari banyak jumlah penduduk yang dimiliki,”
akuinya.

Dia menjelaskan, untuk Kota Ambon sendiri sampai dengan saat ini, total data yang terkumpul adalah 500 lebih. Dari data tersebut baru 200 lebih yang telah tercetak karena terbatas dengan waktu sehingga data yang belum tercetak akan ditampung sampai dengan hari senin baru dicetak.

“Sampai hari sabtu kemarin masih ada masyafakat yang mendaftar sehingga berkasnya belum tercetak. Olehnya itu, berkasnya dapat diambil hari senin di Kantor Disdukcapik Kota Ambon,” paparnya.

Dia mengungkapkan, kesadaran masyarakat akan administrasi, contohnya masyarakat yang sudah fito KTP tapi datang belum muncul sehingga mereka datang untuk mengurus. “Banyak warga yang datang dengan berbagai alasan seperti foto KTP yang datanya belum muncul,” cetusnya.

Untuk itu, pihaknya berharap, program yang dilaksanakan oleh Kementerian ini dapat dilakuakn dua kali setahun agar masyarakat tidak memgeluh akan adminstasri yang meraka urus.

Baca Juga  Widya Hadiri Lomba Baca Syarafal An'am,Asmaul Husna, dan Cerdas Cermat

“Dengan sering dilakukan program ini kami yakin masyarakat akan sadar bahwa penting urus adminstrasi bagi kepentingan mereka kedepan,” pintanya. (AT-009)

    error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
    X