Ambontoday – Safitri Malik Soulisa, Bupati Buru Selatan memberikan apresiasi terbaik kepada Kelompok Nelayan Pulau Oki, Kecamatan Namrole. Menurutnya, karena kelompok ini telah turut membantu Pemerintah Daerah dalam melaksanakan program pemberdayaan nelayan dan pelestarian ekosistem pesisir dan pulau-pulau kecil.

Bupati Safitri Malik menyampaikan itu pada sambutannya sekaligus membuka Gebyar Nelayan Pulau Oki di Desa OKI Baru, Kecamatan Namrole, Sabtu (21/8).

Selain Gebyar Nelayan Pulau Oki, Bupati bersama Wakil Bupati melakukan penanaman pohon untuk penghijauan di bibir pantai Desa Oki Baru.

“Karena mereka telah membantu pemerintah dalam melaksanakan program pemberdayaan nelayan dan pelestarian ekosistem pesisir dan pulau-pulau kecil,” jelas Safitri.

Dikatakan Bupati, kegiatan ini dikemas dengan tema Gebyar Nelayan, yang meliputi penghijauan bibir pantai Desa Oki Baru, sosialisasi biota laut serta bazar nelayan.

Menurut Bupati, kegiatan tersebut bertujuan untuk melindungi dan melestarikan ekosistem pesisir laut.

Masih jelas Safitri, serta memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada seluruh nelayan tentang biodata laut yang dilindungi dan dilarang untuk dieksploitasi atau di tangkap.

Sambuu Safitri lagi bahwa, wilayah pesisir pantai atau yang sering dikatakan bibir pantai merupakan wilayah ekosistem pesisir sangat memberikan manfaat terhadap kelangsungan ekosistem laut.

“Hal ini dikarenakan memiliki peran penyuplai bahan makanan atau nutrisi bagi ekosistem laut,” jelas Safitri.

Masih Bupati, ekosistem laut juga sebagai tempat pemijahan dan bertelur dan juga sebagai tempat mencari makan.

“Maka dari itulah kita menjaga ekosistem pantai agar ketersediaan persediaan ikan di laut tetap ada dan selalu ada,” ucap Bupati.

Bupati mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini oleh kelompok Nelayan Pulau Oki adalah bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Lanjutnya, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian nelayan Oki Baru terhadap lingkungan dan lebih lagi kepedulian untuk masyarakat Bursel.

Safitri berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik sehingga bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain yang ada di kabupaten Bursel khususnya desa-desa yang ada di pesisir laut.

“Saya berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan sukses sehingga menjadi contoh bagi desa-desa pesisir lainnya,” tandasnya. (Biro Bursel)

Print Friendly, PDF & Email