17 July 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Ekonomi Kota Ambon Lingkungan Hidup

Sejumlah Sampel Takjil Jadi Uji Lab BPOM Ambon di Awal Bulan Ramadhan 2023

Ambon, Ambontoday. com- Sejumlah sampel makanan takjil dijadikan sampel oleh Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Ambon, pada awal bulan puasa (Ramadhan) Jumat (24/3/2023).

Makanan Takjil yang dijadikan sampel uji Laboratorium berasal dari beberapa lokasi di kota Ambon, yakni Daerah Kebun Cengkih, Wayame, Batu merah, Alfatah, da Waihaong.

Pernyataan ini diakui Kepala BPOM Ambon, Hermanto kepada awak media di pelataran Mesjid Alfatah Ambon, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Disperindag Kota Ambon yang turut bekerjasama dalam pengawasan takjil tersebut.

Hermanto mengakui, bukan hanya makanan takjil yang diawasi oleh BPOM tapi juga pangan yang ada pada sejumlah pertokoan dan swalayan jiga diawasi.

“Pengawasan yang dilakukan Balai POM ke sejumlah  toko atau swalayan yaitu sarana distribusi dan produksi,” akuinya.

Hermanto menjelaskan, sudah dilakukan sampling dan pengujian,untuk setiap lokasi lebih kurang 25 sampel di ambil dan pengambilan ini berdasarkan kajian fisko diacak mana produk yang diduga mengandung bahwa berbahaya.

“Tidak semua yang mengandung bahwa berbahaya dan sekaligus melakukan pembinaan kepada pelaku usaha khususnya kepada penjual,”katanya.u

Lanjutnya, untuk hasil uji di kawasan Alfatah dan Waihoang terdapat 26 sampel untuk metadelelo dan Formalin hasilnya negatif. Sementara untuk Roda min B sama boraks sedang dilakukan pengujian.

“Artinya sampai saat ini belum ditemukan hasil yang tidak memenuhi syarat,masih aman dari bahan yang berbahaya,”jelasnya.

Selain diuji, bahan berbahaya juga dilakukan pengujian mikrobiologi untuk memastikan bahwa produk yang dimakan ini bebas dari cemaran kimia, fisik dan mikrobiologi.

“Indikatornya, kalau yang bahan berbahaya berarti negatif, untuk mikrobiologi sampelnya kami bawa karena perlu waktu paleng tidak 5-6 hari untuk dilakukan pembiakan baru dilakukan evaluasi apakah mengandung bahan berbahaya atau tidak,”tandasya (AT-009).

Spread the love
Baca Juga  Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Gelar Latihan Simulasi Penanganan Keadaan Darurat di SPBE Ambon
X