13 June 2024
Kab.KKT Politik

Seleksi Panwasca Kedekatan Bukan Jaminan Lolos

Saumlaki, ambontoday.com – Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) Mathias Alubwaman, SH secara resmi menerima paket soal tes seleksi Panitia Pengawasan Kecamatan (PANWASCAB) yang diserahkan oleh Tim Distribusi Soal Bawaslu Provinsi Maluku. (15/10).

Setelah melalui tahap verifikasi berkas, 180 peserta dari 10 kecamatan yang dinyatakan lolos langsung mengikuti tes tulis di sejumlah ruangan SMA Negeri 10 KKT pada pukul 10.47 Wit.

Dalam keterangan salah satu peserta seleksi Panwascam menyebutkan ada 100 pertanyaan dengan durasi selama 90 menit. “Secara garis besar soal tes seputar pancasila dan tentang kepemiluan dan studi kasus dalam pemilu”. Ungkap sumber yang tak ingin menyebutkan namanya.

Selain itu, Ketua Bawaslu KKT juga mengungkapkan tahapan seleksi pasca tes tulis, lembar jawaban akan di kirimkan ke Bawaslu Provinsi Maluku untuk nantinya menentukan hasil kelulusan pesera. “Hasil tes yang dilaksanakan pada hari ini akan dibawa ke Bawaslu Provinsi untuk diperiksa dan nanti kita di Kabupaten akan menerima hasilnya tanggal 17 Oktober 2022. Setelah itu rencana tahapan wawancara akan berlangsung 18 Oktober 2022 mendatang”. Tuturnya.

Alubwaman yang didampingi Komisioner Bawaslu Tanimbar menilai, seleksi Panwascab tahun 2022 antusias masyakat sangat tinggi. Walaupun begitu, seleksi tahun ini sangat ketat sehingga peserta tidak perlu khawatir karena hasil seleksi Bawaslu tetap mengedepankan aspek objektivitas.

Mengakhiri sambutannya, Ketua Bawaslu berpesan “Kedekatan tidak menjadi jaminan Bapak-Ibu lolos, karena itu dalam mengikuti tes harus benar-benar serius. Karena peserta yang terpilih sebagai Panwascab harus berintegritas, profesional, dan bertanggung jawab dalam hal tupoksi serta memiliki loyalitas yang tinggi terhadap pekerjaan”. Tutup Alubwaman. (AT/AL)

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X