Seluruh Kementerian RI Dukung Kota Ambon Sebagi City of Music

Ambon, ambontoday,com – Guna memberikan dukungan bagi Kota Ambon untuk diakui UNESCO Tahun 2019, maka seluruh Kementerian RI wajib mendukung dengan sepenuhnya Kota Ambon sebagai Kota Musik Dunia Tahun 2019 mendatang.

Bentuk dukungan yang  diberikan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi dari Kementerian, terutama terkait dengan infrastruktur pembangunan.
Dengan maksud itu,Pemerintah kota Ambon melalui Ambon Music Office (AMO), Dinas Pariwisata, dibantu oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melakukan  koordinasi lintas kementerian atau lembaga untuk Ambon menuju kota Music Dunia, yang digelar di Swisbell Hotel Ambon (28/11/2017).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Ambon, Hengky Sopacua menyatakan,  pertemuan yang dilakukan ini, adalah cara untuk meminta dukungan penuh dari kementerian yang ada di Indonesia, karena dirasakan jika yang bergerak sendiri sepertinya agak sulit. Oleh karena itu, setiap kementerian lembaga yang memiliki Tupoksi terkait dengan hal ini dapat dioptimalkan dalam mendukung Ambon sebagai kota music dunia.

“Kali ini yang hadir ada dari penerbangan, dari Kominfo,Kemendikbud,Kemenkumham, Perpustakaan ada juga Kementerian PUPR,dan stake holder lainnya, semuanya hadir, kita harapkan mereka dapat memainkan perannya untuk mewujudkan hal tersebut, contoh di bandara pattimura, sudah ada ornamen, simbol atau lainnya yang bernuansa kota music,” ujar Sopacua.

Selain itu, Maskapai penerbangan di Ambon juga diminta agar dapat memberikan kelancaran dalam segi transportasi, bahkan membantu memfasilitasi sebuah konser kecil, tidak gratis tetapi membantu memfasilitasi.

Diakui, pihaknya selalu berupaya untuk lebih maksimal,  jika seluruh stake holder turut membantu  sebagai bentuk dukungan dan support dalam perwujudan hal dimaksud.

Maka dengan itu, seluruh OPD di lingkup Pemerintah kota Ambon juga diwajibkan mengarah ke visit Ambon dan kota music dunia, itu akan menjadi komitmen bersama, dengan memfasilitasinya sesuai dengan porsinya masing-masing.

Sementara itu,  Perwakilan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), M. Fauzi  menambahkan, program yang digagas oleh pemerintah sebagai perwujudan Ambon sebagai kota Music Dunia wajib mendapatkan dukungan penuh dari semua kementerian yang ada, baik di level nasional maupun juga pada skala daerah sebagai sebuah program bersama, dimana pemerintah kota Ambon, DPRD, lembaga swasta dan seluruh masyarakat turut mendukungnya.

“Lewat pertemuan ini, kita saling bertukar pikiran dalam tujuan masing-masing, sehingga perencanaan seperti apa, dapat didiskusikan secara bersama,” tandasnya. (AT-009)

author