Seminar Inovasi Pelayanan Publik Menyongsong HPN 2017

Ambon, Ambontoday.com – Ketua Panitia Penyelenggaraan Seminar Inovasi Pelayanan Publik Anthonius Silaholo mengatakan, tema sebenarnya inobasi Pelayanan Publik adalah publik untuk kebangkitan Maluku.

Tujaun pelaksanan kegiatan ini untuk meningkatkan pelayan publik di Provinsi Maluku, belajar dari para inovator dalam memberikan pelayan publik terbaik, dapat menghasilkan hasil yang baik dalam pelaksanaan seminar ini.

Seminar inovasi pelayan publik dihadiri oleh 1000 orang peserta yang terdiri dari para Bupati/Walikota Se-Maluku, Ketua DPRD Kota Se-Maluku, para Kepala Biro Organisasi seluruh Indonesia, para pimpinan SKPD lingkup Provinsi dan Kabupaten beserta staf maupun masyarakat dan para tokoh agama.

Sebagai bagian dari masyarakat global, kita tidak dapat menutup diri terhadap perubahan-perubahan yang cepat dan menuntut adanya kemampuan daya saing daerah pemerintah, ungkap Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff dalam Sambutannya di Islamic Center, Rabu (08/02).

Dikatakan, termasuk pemerintah daerah harus berani untul melakukan pembaharuan.

Untuk itu, inovasi pelayan publik sebagai wujud pembaharuan penyelenggaraan pemerintahan khususnya terhadap pelayan publik yang menjadi kebutuhan sektor publik yang sangat fursial.

“Pembaharuan dimaksud tidak hanya dalam konteks bagaiman kita bisa mengaplikasikan hasil temuan ilmu pengetahuan dan teknologi, yetapi juga bagaimana kita mampu menghasilkan temuan-temuan baru dalam penyelenggaraan pemerintahan yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan kemajuan daerah,” katanya

UU No.30 Tahun 2014 tentang administrasi pemerintahan maupun UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan daerah, yang telah memberikan ruang yang cukup luas bagi pemerintah daerah untuk bisa melakukan inovasi, apalagi kita diberikan deskresi untuk menyelesaialna berbagai permasalahan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Maluku juga berpacu maju untuk melaksanakan pelayan publik melalui berbagai inovasi, diantaranya sistem pelayanan gawat darurat terpadu berbasis online di RSUD dr. Haulussy, pemanfaatan teknologi informasi peningkatan kinerja pada dinas kesehatan Provinsi Maluku.

” Saya sangat gembira dan menyambut dengan positif pelaksanaan seminar inovasi pelayanan pubik, karena dengan kegiatan ini kita akan mendapatkan manset inovasi publik dari pengalaman beberapa kepala daerah dan nara sumber lainnya, sehingga dapat memotifasi kami semua dalam meningkatakan pelayanan publik di Provinsi Maluku,” paparnya.

Baginya, sebagai bentuk komitmen kita bersama, saya bersama para Bupati dan Walikota se-Maluku akan mendeklarasikan Maluku siap melayani publik dan berinovasi.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan, komitmen Gubernur Maluku sudah sangat tinggi, oleh karena itu, kita akan melakukan pendampingan terhadap Pemerintah Maluku.

“Saya targetkan beliau menjadi model di Indonesia Timur, nah kalau sudah memcapai B maka akan naik menjadi A,” ungkapnya

Hal ini akan memjadi motovasi bagi dawrah provinsi yang ada di Indonesia bagian Timur dan kemudian kita meningkatkan kinerja pada kabupaten/kota.

Dia berharap, uang APBD dan APBN dapat dikelola oleh daerah dan bermanfaat secara maksimum. Karena selama ini masih banyak kegiatan-kegiatan yang kurang produktif yangvtidak konkri hasilnya. (AT-009)

Jadilah Orang Pertama share:
author