Setor Iuran JKN PPPK Melalui SIMPONI

Tidak ada komentar 56 views

Ambon, Ambontoday.con – Puluhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Provinsi Maluku mendapatkan sosialisasi dari BPJS Kesehatan terkait pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan bimtek penggunaan aplikasi SIMPONI, di Ambon Rabu (6/3/2019).

Dalam sambutanya, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon Afliana Latumakulita menyampaikan bahwa dalam Perpres Nomor 82 Tahun 2018 pasal 13 ayat 1 menyatakan bahwa Pemberi kerja wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai Peserta Jaminan Kesehatan Nasional kepada BPJS Kesehatan dengan membayar iuran.

Didukung dengan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang menyatakan bahwa pemrintah wajib memberikan perlindungan berupa jaminan kesehatan sesuai dengan sistem jaminan nasional.

“Itu berarti pemberi kerja dalam hal ini penyelenggara negara atau pemerintah daerah melalui OPD yang mempekerjakan Tenaga Honorer atau Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) atau yang sekarang disebut PPPK wajib mendaftarkan seluruh pekerjanya kedalam program JKN.” tutur Afli.

Melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat mengingatkan kembali kepada OPD dilingkup Provinsi Maluku yang belum mendaftarkan seluruh PPNPN nya untuk segera didaftarkan.

Selain diberikan sosialisasi tentang mekanisme pendaftaran PPNPN, OPD juga diberikan bimtek penggunaan aplikasi Sistem Informasi PNBP Online atau disingkat SIMPONI oleh Staf Pelaporan KPPN Ambon Aldy Philips.

Aplikasi ini merupakan sistem komputerisasi yang digunakan untuk mengganti Surat Setoran Bukan Pajak (SSBP) ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Salah satu fasilitas yang disediakan pada SIMPONI adalah pembayaran iuran JKN yang belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh OPD di Maluku.

Aldy mengungkapkan bahwa dengan SIMPONI seluruh pencatatan pembayaran akan terdokumentasikan dengan baik dan dapat dicetak sewaktu-waktu apabila dibutuhkan.

”Semua pembayaran Iuran JKN akan terdokumentasikan dengan baik di history billing SIMPONI dan bisa dicetak sewaktu-waktu apabila dibutuhkan. Dokumen hasil cetakan dari history billing SIMPONI dapat digunakan sebagai dokumen sumber pencatatan pembayaran Iuran JKN ke dalam sistem akuntansi dan pelaporan keuangan.” Ungkapnya.

Dengan adanya bimtek ini diharapkan kedepan seluruh OPD yang hadir dapat memanfaatkan SIMPONI sehingga pembayaran/penyetoran Iuran Jaminan Kesehatan PPNPN dapat lebih cepat, mudah dan akuntabel. (AT-011)

Jadilah Orang Pertama share:
author