Sidang Kasus Kosmetik Ilegal Kembali Digelar Dengan Agenda Pemeriksaan Saksi

Ambon, ambontoday.com – Sidang kasus kosmetik Ilegal kembali di Gelar di Pengadilan Negeri Ambon, oleh Majelis Hakim, dengan Terdakwa La Djondo , Lokasi penemuan Bertempat di toko Tunas Baru, Desa Batu Merah. Kec. Sirimau Kota Ambon.sidang lanjutan ini dengan Agenda keterangan saksi. Senin,11/12/2017.

Sidang lanjutan yang dipimpin oleh Hakim Ketua, S.Pujiono SH M.Hum. Jaksa Penuntut Umum ( JPU ), Awaludin SH. Pengacara, Abdussukur Kaliky SH. Terdakwa La Djono. Dan Saksi Alberthina M Latumahina.

Kejadiannya Pada waktu saksi Alberthina M Latumahina dan saksi Berty Selfanus Toumahuw, petugas dari Balai POM Ambon sedang melaksanakan Operasi Gabungan bersama sama, dengan petugas Kepolisian dari Polres Ambon dan Polda Maluku untuk melakukan penertiban Produk sediaan Farmasi ( Obat, bahan obat, obat tradisional dan Kosmetik ), bahan berbahaya serta makanan ilegal di Kota Ambon.

Dalam sidak tim menemukan 12 ( dua belas ) jenis Kosmetik tanpa izin edar , yaitu :
1. Citra Day And Night Cream
2. Diamon With Vitamim E
3. Natural 99 Racikan dan Vitamin E Asli
4. SP.Super Whitening
5. Super DR Quality
6. Ponds White Beauty
7. Ponds White Beauty UV
8. Citra Hazeline
9. Night Cream UV
10. Mei Yung Cream
11. New Orginal
12. Day Cream UV.

Barang bukti diserahkan kepihak Balai POM untuk dilakukan pemeriksaan, ternya bahan kismetik yang diaita tidak memiliki ijin dan dianggap ilegal.

“Terdakwa tidak memiliki ijin dari pemerintah / Pejabat yang berwenang untuk menjual / mengedarkan Kosmetik tersebut.” Kata tim

Perbuatan Terdakwa diancam pidana yang diatur dalam pasal. 197 Jo Pasal. 106 ayat ( 1 ) Undang- undang Nomor : 36 Tahun 2009, tentang Kesehatan.

Sidang dilanjutan akan digelar pada hari kamis (14/12/2017).dengan Agenda Tuntutan. ( AT- 021 ).

Jadilah Orang Pertama share:
author