Ambon, ambontoday.com – Dalam rangka memperingati Hari Anak Internasional, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) melaksanakan kegiatan Outdoor Classroom Day (OCDay) atau Hari Belajar Di Luar Kelas yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada Kamis pagi (01/11/2018).

OCDay di Indonesia dimulai sejak tahun 2017 dan menjadi terbaik kedua setelah London karena banyaknya jumlah sekolah yang mengikuti. Tahun ini, kurang lebih 347.758 anak dari 400 sekolah diberbagai wilayah Indonesia terdaftar ikut serta.

Demikian Siaran Pers Nomor: B-202/Set/Rokum/MP 01/10/2018 Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) RI, sekaligus pernyataan Mentri Perlindungan Perempuan Dan Anak RI Yohana Yembise Kamis (1/11/2018) DiSD Negeri 2 Ambon.

“Kegiatan OCDay atau Hari Belajar Di Luar Kelas selaras dengan arahan Presiden yang meminta sekolah untuk melakukan proses pembelajaran di luar kelas. Hal ini agar proses pembelajaran bagi anak menjadi menyenangkan dan tidak membosankan, juga bisa meningkatkan kemandirian serta kreativitas mereka,”ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise saat mengikuti kegiatan OCDay bersama ratusan siswa di SD Negeri 2 Lateri, Ambon Provinsi Maluku.

Dikatakan juga, kegiatan belajar di luar kelas atau OCDay ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang mendukung Sekolah Ramah Anak (SRA). Di Indonesia, saat ini telah terdapat 11.097 Sekolah Ramah Anak (SRA) di 236 Kabupaten/Kota di 34 provinsi.

Metode pembelajaran dalam kegiatan OCDay ini mengusung berbagai tema diantaranya, climate change (adaptasi perubahan iklim), perilaku hidup bersih dan sehat, sarapan sehat setiap hari, pendidikan karakter, cinta tanah air, serta pelestarian permainan tradisional.

Dilokasi yang sama juga Kepala Dinas Pendidikan dan Olehraga Kota Ambon menyambut baik kegiatan tersebut dan setelah selesai dari kegiatan ini akan dilakukan sosialisasi sekali gus dapat menindaklanjuti keinginan Presiden lewat Ibu Mentri PPPA RI guna Kota Ambon bisah melebihi Kota lain yang ada di Seluruh Indonesia.

“ Kita akan menindak lanjuti ini demi tumbuhnya Sumber daya Manusia(SDM) yang mulai dari jenjang Pendidikan Paud hingga Sekolah menegah Atas (SMA) guna menjawab tantangan globalisasi” Tutupnya. (AT – 007)

 

Print Friendly, PDF & Email