SOAL SURAT HOAX, KEMENDAGRI SEGERA KELUARKAN SURATKLARIFIKASI

Ambo, ambontoday.com – Polemik seputar surat berlebel Kementerian Dalam Negeri yang beredar dikalangan para kepala desa mendapat tanggapan serius dari pihak Kementerian Dalam Negeri. Setelah heboh di media massa.

Munculnya surat tersebut berawal dari salah seorang Kepala Desa di Maluku Barat Daya yakni Piter Rehiara (Kepala Desa Lekloor Kecamatan Pp.Terselatan) yang mana berdasarkan surat hoaks tersebut dirinya bersama empat orang rekan sejawatnya akan menerima reaward dari Kementerian Dalam Negeri.

Namun setelah dikonfirmasikan ke Propinsi maka jawaban Sekretaris DPMD Propinsi Maluku kepada Rehiara bahwa surat tersebut tidak benar alias hoaks. Setelah heboh di media massa, maka pihak Kemendagri angkat bicara.

Kepada ambontoday.com Sabtu (23/3/2019) Kepala Seksi (KASI) Bidang Pemerintahan Subdit Fasilitasi Penyusunan Produk Hukum Desa Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Simon Aruan menjelaskan, bahwa surat yang beredar dikalangan para kepala desa di Kabupaten Maluku Barat Daya itu hoaks dan tidak benar.

“Saya sudah confirmasi dengan pak Dirjen dan beliau mengaku surat itu palsu”, Jelas Simon.


Dia menjelaskan, bahwa pada hari senin besok Kemendagri akan mengeluarkan surat klarifikasi menyusul surat tak bertuan tersebut.

“Kami sudah diperintahkan oleh Pak Dirjen untuk besok (Senin/25/03/2019) segera membuat surat klarifikasi” ungkap pria asal Batak Sumatera Utara ini.

Ditanya soal keinginan Kemendagri untuk melacak dan menginvestigasi asal-usul surat hoaks tersebut, Simon menjelaskan bahwa kemungkinan itu ada namun sejauh ini belum ada instruksi soal itu. Kami hanya baru diperintahkan membuat surat untuk klarifikasi kepada Pemprov bahwa surat tersebut palsu jelas Simon. (AT – 010)

Jadilah Orang Pertama share:
author