SUPM Negeri Waiheru Lakukan Kolaborasi Praktek Laut

Ambon, ambontoday.com –  Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Waiheru Ambon Lakukan Polaborasi Praktek laut antara Program Keahlian Nautika Perikanan Laut (NPL) dan Program Keahlian Teknika Perikanan Laut (TPL),ungkap Kepala SUPM Negeri Waiheru Achmad Jais Ely,S.T.,M.Si kepada PELAGANDONG.COM,Kamis (22/11/2018).

Kolaborasi Praktek laut yang di lakukan SUPM Negeri Waiheru Ambon bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten yaitu dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan profesional dalam teknika kapal penangkap ikan dengan memperhatikan segi ekonomi dan manajemen serta mampu beradaptasi dan mengembangkan diri dalam dunia pekerjaan.

Jais menjelaskan Ada empat UPTD yang melakukan Kolaborasi dan memiliki Jadwal yang sama diantaranya Politeknik kelautan dan perikanan Sorong ,Politeknik perikanan Kupang, SUPM Kupang dan SUPM Waiheru,mereka melakukan Kolaborasi di atas Laut menggunakan Kapal Api yang Paling besar dari kementrian kelautan dan perikanan KM Kairaha 02 dengan Kapasitas 40 Orang .
“Nah kita punya jadwal praktek laut yang sama, dan disitulah kesempatan mereka bisa belajar baik itu Siswa dari SUPM Waiheru, Kupang maupun Kabupaten Sorong. “ungkap Jais.

Menurut Jais Kolaborasi yang dilakukan menggunakan sistim Roling diantara keempat UPTD, mereka akan Naik secara bergantian sesuai Rute Ambon-Kupang,Kupang –Ambon,dan Ambon-Sorong ,untuk SUPM Waiheru sendiri yang mengikuti Kolaborasi Sebanyak 18 Siswa SUPM dan Dua Orang Guru pendamping mereka mengarunggi Lautan di Rute tersebut selama 13 hari
Jais menambahkan Satu-satunya Sekolah Kelautan dan Perikanan di Indonsia Timur yang memiliki Simulator hanya ada SUPM Negeri Waiheru ,untuk itu sebelum Kolaborasi Laut Siswa harus berteori di darat menggunakan Simulator tersebut,oleh karena itu Siswa dari SUPM Sorong maupun dari Kupang mereka ke SUPM Negeri Waiheru untuk lakukan teori .

Kolaborasi anatara Program Studi NPL dan TPL ini merupakan ide dari Kepsek SUPM Negeri Waiheru dan program ini telah menjadi Program rutin setiap tahun, pungkasnya (AT – 007)

Jadilah Orang Pertama share:
author