SUPM Negeri Waiheru Siap Budidayakan Ikan Air Tawar Asal Maluku

Ambon, ambontoday.com – Sekolah Usaha Perikanan Umum (SUPM) Negeri Waiheru Ambon, akan membudidayakan seluruh ikan air tawar yang ada pada sungai atau air tawar di Maluku, disampaiakn oleh Kepala Sekolah SUPMN Waiheru Ambon Achmad Ajis Ely diruang kerjanya seyelah selesai dalam merayakan Natal bersama SUPMN Waiheru Ambon.

Dengan dihibakannya lahan seluas dua setenga hektar oleh Pemerintah Provinsi Maluku (Pemprov) dan aset balai budidaya air tawar bagi SUPMN Waiheru Ambon, maka harus dimanfaatkan sesuai kebutuhan pendidikan yang ada.

“Kami telah menerima lahan seluasdua setengah hektar yang didalamnya terdapat balai budidaya air tawar yang harus kami manfaatkan guna menunjang studi dari seluruh siswa yang ada di SUPMN Waiheru Ambon, dimana kami akan membudidayakan ikan air tawar yang menghasilkan misalnya ika mas ikan lele dan jenis ikan lainnya pada bak – bak yang sudah ada” kata Ely.

Dikatakan juga, bukan saja ikan – ikan yang sudah diminati banyak kalangan di Indonesia bahkan Maluku, namun ada upaya bagimana ikan – ikan air tawar yang ada pada sungai – sungai di Maluku ini harus kami budidayakan.

“Kita sementara berupaya semaksimal mungkin agar seluruh jenis ikan air tawar yang ada dapat kami budidayakan ditempat budidaya ikan air tawar yang sudah dibetikan lahan sekaligis fasilitasnya bagi kami oleh Pemerintah Provinsi Maluku” ujar pemilir dan pemimpin inofasi ini.

Keinginan besar SUPMN Waiheru Ambon dimana, ikan – ikan ini seluruhnya sudah terkumpul baik dari Ambon, Maluku Tengah, Buru, Bursel, Aru, Tual, Malra, MTB, MBD, SBB, dan SBT maka itu akan menjadi ikan endemik yang kedepan akan mampu menghidupkan banyak orang.

“Sangat riskan karena rata – rata masyarakat Maluku hidup dipesisir pantai namun itu juga akan menjadi objek besar ke arah budidaya karena ada juga masyarakat yang berdiam di pegunungan” jelasnya.

Ditambahkan, bagimana cara ikan – ikan tawar yang ada di sungai – sungai disebelas Kabupaten Kota di Provinsi Maluku ini bisa terkumpul dan dibudidayakan, ini yang akan kami bekerja sama dengan seluruh siswa yang ada disebelas Kabupaten Kota.

“Saya akan berikan tugas kepada semua siswa yang ada disebelas Kabupaten Kota yang ada, pada waktu libur Natal dan Tahun Baru, ketika kita ada pada semester baru di Tahun 2019 siswa masuk sekolah dengan membawa ikan yang ada disungai atau rawah – rawah dan kita jadikan bank ikan air tawar di Provinsi Maluku” bebernya.

Harapan pemimpin inovasi ini, agar segala yang ingin dilakukan untuk kemajuan SUPMN Waiheru Ambon terlebih untuk Provinsi Maluku disisi pembudidayaan ika air tawar milik Daerah Maluku sendiri, kiranya ini mampu dan dapat bermanfaat serta melahirkan gagasan baru menuju SUPMN Waiheru Ambon yang berinivasi serta berintegrasi bagi perkembangan pendidikan di Maluku. (AT – 007)

Jadilah Orang Pertama share:
author