Survei MDB Oratmangun Letelay Unggul Didapil Tujuh

Tidak ada komentar 57 views

Ambon, ambontoday.com – Berdasarkan hasil survei lembaga Maluku Demokrasi Bersih (MDB) terkait popularitas seluruh Calon Anggota Legislatif (Caleg) Provinsi Maluku dapil tujuh Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) Darma Oratmangun dari partai Golkar dan Samuel Letelay dari partai Nasdem bersaing ketat merai hak pilih masyarakat.

Persaingan antara kedua caleg ini seakin meningkat menuju gedung putih Karang Panjang Ambon periode 2019 – 2024, bukan saja kedua caleg ini yang mempunyai peluang namun ada sejumlah nama yang juga mempunyai peluang untuk menang diantaranya, Aleksander Orno dari PDIP, Melky Sairdekut dari partai Gerindra serta Erick Angky dari partai Hanura.

“Hasil survei yang kami lansirkan dirangkum dari lima ribu responden yang nota bene adalah pemilih yang sudah terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari seluruh Kecamatan di Kabupaten MBD dan KKT” jelas Direktur Eksekutive MDB Pieter P Letelay kepada Ambontoday.com dikediamannya Selasa (2/4/2019).

Dikatakan, survei yang dilakukan bukan semataenguntukan atau menyenangan orang – orang tertentu namun ini merupakan lembaga resmi yang mempunyai dasar hukum, jika ada oknum – oknum yang merasa tidak puas dengan hasil survei ini sah – sah saja, karena survei yang dilakukan ini profesilnal dan akademis.

Ia juga mengaku survei ini menggunakan metode multi stage random sampling, dimana para responden ditemui dan diwawancara langsung dengan tingkat marjin eror dua persen.

“Kami lakukan surei ini, dilengkapi dengan riset kualitatif dan media analisis, sehingga kami lakukan survei secara profesional sehingga ada dugaan titipan atau rekayasa mengingat ini hasil dari masyarakat dan harus dilihat serta didengar oleh masyarakat pula” ujar Letelay.

Letelay dalam paparannya, menguraikan hasil survei, dimana Darma Oratmangun berada pada posisi diatas dengan tingkat popularitas 23,12 persen, disusul Semuel Letelay dengan tingkat popularitas 23,10 persen, kemudian Aleksander Orno 15,60 persen, Melky Sairdekut memiliki tingkat popularitas 11,20 persen, fan Erick Angky 10,20 persen.

Dari lima caleg ini ada juga yang masih melonjak yakni Anos Jeremias dari partai Golongan Karya (Golkar), David Kim Marcus dari partai Gerindra, dan Mosh Maahury dari partai Berkarya.

“Saya sangat beroptimis dengan hasil survei kami ini, karena bukan baru kami lakukan survei untuk para caleg namun, survei kami sudah terbukti pada Pilkada KKT yang menangkan Petrus Fatlolona dan wakilnya, begitu juga pada Pilkada Gubernur Maluku yakni Pa Murad Ismail dan Pa Barnabas Orno, sekalipun hasil survei kami mengalami sedikit meleset dengan hasil yang didapatkan dari KPUD. (AT – 007).

Jadilah Orang Pertama share:
author