Tatib Dewan Kota Ditetapkan

Ambon, ambontoday.com – Setelah melalui pembahasan kurang lebih satu tahun dan sempat diwarnai perdebatan hangat akhirnya Rancangan Tata Tertib DPRD Kota Ambon, ditetapkan menjadi Tata Tertib (Tatib) DPRD Kota Ambon dalam Paripurna Internal, Kamis (24/10/2019)
Selanjutanya Tatib tersebut dijadikan sebagai pedoman dan rambu-rambu bagi para wakil rakyat dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya selama Periode 2019-2024.
Pimpinan sementara DPRD Kota Ambon, Jemy Maatita kepada awak media usai paripurna mengatakan ada tiga hal penting yang pembahasan saat paripurna berkaitan dengan berpakaian, waktu kerja dan solidaritas sesama anggota DPRD Kota Ambon.
“Tata Tertib DPRD ini adalah peraturan pertama yang membawa seluruh tupoksi pada jalurnya masing-masing, ” ucap Maatita.
Dia tegaskan, sesuai dengan Tatib yang menjadi juru bicara DPRD adalah pimpinan DPRD, sehingga apabila ada anggota yang berbicara ke publik atas nama DPRD adalah ilegal.

“Anggota DPRD yang berbicara ke publik atas nama pribadi bukan atas nama lembaga. Kalau ada yang berbicara atas nama Komisi diperbolehkan, tergantung pengaturan dalam Komisi untuk siapa yang didelegasikan, begitu juga di Fraksi,” katanya.
Disinggung mengenai kode etik, juga diatur tentang sanksi yang ada di Tatib. Namun ada juga kode etik juga yang diatur oleh Badan Kehormatan DPRD.
Selanjutnya, berkaitan dengan pelantikan Pimpinan DPRD Kota Ambon Definitif, menurut Maatita dipastikan akan berlangsung pekan depan. Setelah itu dilanjutkan dengan penetapan alat kelengkapan DPRD Kota Ambon. (AT/Patrick)

error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!