Ambontoday.com, Ambon.- Jabatan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Maluku diserahterimakan dari Pejabat yang lama Jaconias Walalayo,SH.MH kepada Pejabat yang baru Dr.Oloan Sitorus,SH.M.S, bertempat di aula Kantor ATR/BPN Provinsi Maluku, Selasa (27/2).

Sayangnya, acara yang sangat penting itu terkesan tertutup bagi kalangan luar, karena tak satupun Pejabat dari Pemerintah Daerah Provinsi Maluku maupun instansi vertical lainnya yang terlihat menghadiri acara Sertijab Kakanwil BPN Promal, bahkan tak satupun media massa yang diundang meliput kegiatan itu.

Jaconias Walalayo sebagai mantan Kakanwil BPN Provinsi Maluku, dilantik sebagai Kakanwil BPN pada 2013 dan merupakan Pejabat Kakanwil BPN terlama di Indonesia karena dirinya memegang jabatan hampir 5 tahun, padahal biasanya seorang pejabat Kakanwil BPN hanya memegang jabatan selama 2 tahun.

Walalayo kini menempati jabatan baru sebagai Inspektur Wilayah (Irwil) III yang membawahi beberapa provinsi diantaranya, Provinsi Jawa Tengah, Jawan Barat, Kalimantan Barat, Bali, NTT dan beberapa provinsi lainnya.

Dalam sambutannya, Mantan Kakanwil BPN Maluku yang kini menjabat Inspektur Wilayah III, Jaconias Walalayo mengatakan, selama memegang masa jabatan 5 tahun di BPN Provinsi Maluku, banyak persoalan pertanahan di Maluku yang belum dapat diselesaikan.

Untuk itu, kepada Kakanwil BPN yang baru, dirinya menitipkan sejumlah persoalan tersebut agar dapat diselesaikan, karena banyak persoalan pertanahan di Maluku muncul pasca konflik komunal melanda Maluku 1999 silam.

Dirinya juga meminta agar para staf dan Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Kota/Kabupaten di Maluku dapat membantu dan mendukung Kakanwil BPN yang baru dalam melaksanakan seluruh tugas dan fungsi sebagaimana mestinya.

Sementara itu, di tempat yang sama Kakanwil BPN Provinsi Maluku yang baru, Dr. Oloan Sitorus SH. MS, mengatakan, selaku pimpinan yang baru Dirinya akan melanjutkan tugas dari pimpinan yang lama.

“Sebagai pimpinan yang baru saya akan melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai topoksi saya secara baik dan tentu akan melanjutkan rencana dan program kerja yang belum terselesaikan dari pimpinan yang lama.

Namun untuk melaksanakan semua itu, saya juga membutuhkan dukungan, saran dan masukan serta kerjasama dari para pejabat struktural di BPN Maluku, Kakantah Kabupaten/Kota dan juga seluruh jajaran yang ada di lingkup Kanwil BPN Maluku,” ungkap Sitorus.

Pada kesempatan itu, dilakukan juga serah terima Ketua Ikatan Wanita Pertanahan Indonesia (IKAWATI) dari pejabat lama kepada pejabat yang baru.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengresmian Rumah Dinas Kakanwil BPN Provinsi Maluku, Mess, serta Gedung Arsip BPN Maluku. (AT008)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
Print Friendly, PDF & Email
Spread the love