Terpilihnya PAUD Kasih Mandiri Sebagai PAUD Universal Berkualitas Tahun 2017 di Seluruh Indonsia

Ambon, Ambontoday,com – Terpilihnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kasih Mandiri (KM) sebagai salah satu Paud Universal Berkualitas Tahun 2017 di Seluruh Indonesia pada tanggal 19-20 November  2017 di Tangerang  merupakan suatu hal yang membanggakan. Hal ini diakui oleh Kepala Yayasan Kasih Mandiri, Suster Brigitha kepada Ambontoday,com di PAUD Kasih Mandiri, Kamis (30/11/2017).

Ia katakan, dua hari yang lalu saya diundang untuk menghadiri kegiatan Penganugerahan bagi Sosok Bunda Paud di Indonesia. “Saya kaget saat dibacakan oleh MC sebagai salah satu Paud yang berkualitas dari seluruh Paud yang ada di Indonesia, dan pengharaan yang diberikan langsung oleh Ibu Presiden RI, Iriana Joko Widodo,” ungkapnya.

Menurutnya, Paud Kasih Mandiri merupakan salah satu sosok Paud yang memiliki kepedulian dan perhatian besar dari para orang tua murid. Hal ini terlihat dari kerjasama yang baik dari para orang tua, Pemerintah Daerah dan pihak sekolah, sehingga menghasilkan anak-anak yang tumbuh berkualitas dan bermutu sebagai generasi bangsa Indonesia.

“Tumbuh berkualitas dan bermutu karena semua anak-anak dalam proses belajar mengajar selalu menggunakan bahasa Ambon,” Ujarnya.

Diakui, penghargaan yang didapatkan meruapakah salah satu kerja keras dari para orang tua murid dan pemerintah daerah selama 10 tahun terakhir, sehingga Paud Kasih Mandiri telah terpilih dari pusat. Namun, dilihat secara Nasional, baru beberapa daerah yang melalukan program yang dimiliki olegh Paud Kasih Mandiri.

“Program belajar mengajar dengan menggunakan bahasa Ambon  sudah berjalan selama 10 tahun terakhir, yang membuktikan seluruh tamatan Paud Kasih Mandiri memiliki prestasi yang baik dan terampil,” jelasnya.

Tak hanya itu, Dia mengungkapkan, bahasa Ambon yang digunakan dalam proses belajar mengajar hanya dilakukan selama 6 bulan pada awal anak-anak masuk sekolah, sedangkan 6 bulan terakhir anak-anak akan dipersiapkan ke Sekolah Dasar dengan menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Ia menambakan, pihaknya tidak mengetahui Kriteria apa yang dinilai secara langsung oleh Tim Juri, “Kami hanya tahu Paud Kasih Mandiri diberikan penghargaan oleh Pemerinrintah Pusat, serta kriteria penilaian meruapak rahasia tim juri, agar Paud yang lainnya dapat berlomba untuk menjadi yang terbaik selanjutnya,” terangnya.

Ia berharap, kerjasama yang dibangun dengan pihak orang tua tetap terjalin baik bagi kesuksesan anak-anak di Paud Kasih Mandiri. “Kedepan, kita akan melibatkan para orang tua murid yang mengantar anak ke sekolah untuk berkreatifitas dengan cara daur ulang sampah,” tambahnya.

Baginya, kreatifitas yang dimiliki bertujuan untuk memberikan kesibukan serta meruapakn salah satu program Paud Kasih Mandiri kedepan untuk membuat salah satu kurikulim keluarga, yang mana kurijkulum ini dimulai dari orang tua. (AT-009)