17 July 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Kota Ambon

Tingkatkan Kemampuan Operator Operasikan SIKS-NG, Pemkot Gelar Bimtek Pengelolaan Data Fakir Miskin

AMBON, Ambontoday.com- Bimbingan teknis pengelolaan data fakir miskin cakupan daerah kabupaten/kota diharapkan dapat meningkatkan kemampuan operator mengoperasikan Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG).

“Kita dorong seluruh operator untuk mengoperasikan(SIKS-NG).
secara baik sekaligus dapat melakukan verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
lebih baik guna tercapainya kualitas dan terpadu Kota Ambon yang lebih baik dan tepat guna,”kata Penjabat Walikota Ambon dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II Fahmi Salahtalohy ,Jumat(22/9/2023)

Menurutnya, kegiatan ini memiliki artis strategis dalam upaya perbaikan data terpadu kesejahteraan sosial di DTKS sebagai basis data yang akan digunakan dalam semua intervensi program dan kegiatan di Pemerintah Kota Ambon.

“Penetapan data fakir miskin yang telah diverifikasi dan divalidasi oleh menteri merupakan dasar bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk memberikan bantuan dan pemberdayaan,”jelasnya.

Dikatakan, sebagaimana termuat dalam pasal 11 ayat 1 dan ayat 2 undang-undang nomor 13 tahun 2011 tentang penanganan fakir miskin.

Selain itu, berdasarkan pasal 8 ayat 5 undang-undang nomor 13 tahun 2011 tentang penanganan fakir miskin di mana data terpadu harus diverifikasi dan divalidasi secara berkala setiap bulan berjalan.

“Data yang akurat dan mutakhir termasuk data calon penerima program perlindungan sosial akan menjamin program tersebut dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat sasaran,”jelasnya.

Berdasarkan pasal 8 ayat 5 undang-undang nomor 13 tahun 2011 tentang penanganan fakir miskin di mana data terpadu harus diverifikasi dan divalidasi secara berkala setiap bulan berjalan.

Dengan demikian lanjut Fahmi Pemerintah Kota Ambon berkewajiban melakukan upaya penanggulangan kemiskinan secara komprehensif dan terpadu oleh seluruh stakeholder di daerah ini.
” Tak lupa bahwa kerjasama dan dukungan masyarakat terhadap seluruh kegiatan pemerintah kota harus diperhatikan dengan dan mendapat dukungan penuh oleh semua pihak,”pungkasnya (AT-009).

Spread the love
Baca Juga  Tolak Pelantikan Raja Defenitif, Nurlete Minta Pemkot Harus Tegas 
X