Tingkatkan Menabung Sejak Dini, OJK Maluku Gelar Cerdas Cermat SimPel

AMBON, Ambontoday.com– Guna meningkatkan sifat menabung sejak usia dini, Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Maluku menggelar cerdas cermat Simpanan Pelajar yang dirangkaikan dalam acara menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Ambon yang ke-444 tahun pada tanggal 7 September mendatang.

“Cerdas cermat SimPel ini akan dilaksanakan pada 3 sesi yakni sesi pertama dan kedua pada tanggal 3 September di BRI Cabang Ambon dengan babak pengisian, sedangkan pada tanggal 4 Septmber adalah babak final di BPD Maluku Malut yang secara langsung dibuka oleh Walikota Ambon,” Kata Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Maluku, Bambang Hermanto kepada media ini di ruang kerjanya, Senin (26/8/2019).

Ia mengatakan, cerdas cermat SimPel ini adalah tindak lanjut yang dilakukan oleh OJK Maluku bersamaan dengan Bank- bank pelaksana simpanan pelajar (Simpel) berdasarkan Surat Edaran Walikota Ambon pada tanggal 30 April 2019 tentang Gerakan Pelajar Menabung.

“Melalui SE tersebut, Walikota Ambon sudah ketakan kepada seluruh jajaran Dinas pendidikan di Kota Ambon termasuk juga sekolah-sekolah tingkat SD dan SMP untuk mendorong seluruh siswa bisa memiliki rekening simpanan pelajar, dan untuk meningkatkan uermes guru dan siswanya,” paparnya.

Selain itu, dari hasil rapat bersama Walikota Ambon maka kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian HUT kota Ambon dan secara langsung hadiahnya diberikan pada tanggal 7 September mendatang.

Ia menjelasakan, kegiatan ini bukan hanya diperuntukan bagi para pelajar, tapi guna memberikan pengetahuan tentang OJK dan industri Jasa Keuangan lainnya. “Jadi boleh dibilang kegiatan cerdas cermat ini merupakan kegiatan cerdas cermat keuangan, maka simpanan pelajar, informasi mengenai kegiatan industri jasa keuangan maupun prodak-prodaknya dapat diketahui dan dipelajari,” cetusnya.

Lanjutnya, kegiatan cerdas cermat ini diperuntukan bagi seluruh sekolah di kota Ambon baik tingakat SD maupun SMP. “Kita sudah mendeteksi ada 58 sekolah dan undangannya sudah dikirim dan tinggal menunggu pendaftaran yang akan ditutup tanggal 30 Agustus. Peserta tidak terbatasi, jadi bahi para siswa -siswi yang ingin ikut, ayo segera daftarkan diri,” akuinya.

Menurutnya, dari 58 sekokah yang terdata diharapkan 25 sekolahbyang tergabubg dari tingkat SD dan SMP dapat menhikuti kegiatan ini dengan baik.

“Kita memang fokus dulu di Kota Ambon nanti kedepan, kita juga akan perluas di kabupaten/kota yang lain di Maluku,” tambahnya.

Lebih Lanjut, Katanya, ada juga lomba menulis bagi para siswa dan siswi tingkat SMP dan SMA serta guru, yang bertemakan kreativitas sekolah untuk membuat program wajib menabung. (AT-009)

error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!