21 May 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Kota Ambon

Triwulan III Dinsos Serahkan Bantuan KUBE

Ambon, Ambontoday.com – Triwulan III Dinas Sosial Kota Ambon akan menyerahkan bantuan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang telah lolos dalam verifikasi yang dilakukan oleh Dinsos kota Ambon. Hal ini disampaikan oleh Plt Dinas Sosial Kota Ambon, Nurhajati Yasin kepada Ambontoday.com di Ambon, Rabu (18/7/2018).

Menurutnya, penyerahan bantuan untuk KUBE yang ada di kota Ambon harusnya sudah dilakukan pada triwulan II. Namun, karena banyak proposal yang belum masuk ke Dinas Sosial, penyerahannya ditunda hingga triwulan III. “Sebenarnya kan triwulan ini disalurkan cuma karena proposal belum masuk jadi kita tunda ke triwulan III,” ujarnya.

Bantuan yang akan diberikan jumlahnya sebebsar Rp. 15 juta untuk setiap kelompok. Tapi, bantuannya tidak berupa uang tunai melainkan bahan baku yang akan digunakan sesuai dengan proposal yang telah dimasukan. “Jadi 1 kelompok 10 orang, dapat bantuannya 15 juta tapi mereka tidak dapat uang mereka terima bahan jadi tergantung mereka punya proposalnya mau apa. mau bikin tenda kah sewa tenda atau sembako bikin pondok tergantung proposal yang mereka masukan,” tuturnya.

Ditambahkan, pihaknya akan melakukan seleksi terhadap proposal yang masuk ini dilakukan untuk meminimalisir bantuan yang salah sasaran. Pasalnya, banyak KUBE pada tahun 2017 kemarin yang sudah tidak aktif lagi.

“Untuk seleksinya kita ada tim verifikasi dan jika proposal masuk kita turun ke lapangan untuk cek survei dan cek apa layak terima bantuan atau tidak. kita monitoring. yang KUBE 2017 itu kami harapkan bahwa KUBE-KUBE itu bisa tetap aktif kemudian untuk 2018 ini kami minta supaya ia tepat sasaran,” tambahnya.

Dikatakan bantuan yang diberikan untuk KUBE harus tepat sasaran untuk mengurangi angka kemiskina yang ada di kota Ambon. “jadi masyarakat yang terima KUBE ini adalah yang masyarakat yang namanya itu ada di basis data terpadu jadi betul-betul dan jangan salah sasaran karena kalau salah sasaran berarti bagaimana kita menurunkan angka kemiskinan kalau bantuan tidak tepat sasaran,” terangnya.

Selain itu, sebelum menyerahkan bantuan untuk KUBE, pihaknya akan melakukan pelatihan maupun sosialisai kepada para anggota KUBE sehingga nantinya KUBE yang dibentuk dapat terus berkembang.

“Jadi untuk KUBE 2018 kami akan mengadakan pelatihan atau sosialisasi dulu kemudian baru kami kasih bantuan dan juga kami harapkan kelompok ini dia bisa berkembang jangan statis di situ atau malah mati begitu. karena sesuai hasil monitoring kami banyak yang tidak aktif lagi. karena pertama mungkin tidak tepat sasaran,”tutupnya. (AT – 011)

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X