23 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Kota Ambon

Tumbuhkan Gairah Pariwisata Maluku Mesti Didukung Penuh Seluruh Stakeholder

Ambontoday.com, Ambon.- Dinas Pariwisata Provinsi Maluku terus berupaya kedepan untuk mengembangkan iklim dan potensi pariwisata di Maluku agar dapat meningkatkan minat kunjungan wisatawan baik domestic dan macanegara lewat berbagai terobosan dan program yang sedang direncanakan.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Affandi Hasanusi, S.TPD, M.Si kepada media ini, Senin 19 Desember 2022 di ruang kerjanya.
Menurutnya, membangun pertumbuhan pariwisata suatu daerah tidak bertumpu pada program dan kebijakan pemerintah semata, melainkan peran seluruh stakeholder termasuk pihak swasta, para pelaku usaha dan komunitas-komunitas seni dan budaya, akademisi serta dukungan masyarakat termasuk diantara peran media massa.
“Potensi pariwisata di maluku ini sangat besar, mulai dari wisata bahari, wisata budaya, wisata sejarah, agro wisata dan lainnya dan itu tersebar hampir di seluruh kabupaten/kota yang ada di Maluku.
Namun, untuk menggairahkan serta membangun iklim pariwisata yang memiliki daya tarik tidak semudah itu, karena mesti ada keterlibatan semua sektor dan elemen mulai dari pemerintah, pihak swasta, pelaku usaha, akademisi, komunitas masyarakat serta dukungan dari media massa juga sangat penting.
Nah, untuk daerah Maluku yang memiliki banyak potensi dan destinasi pariwisata, tentu dari waktu ke waktu perlu ada terobosan dan inovasi-inovasi yang mesti kita lakukan agar potensi-potensi wisata yang ada tidak hanya dinikmati dari aspek keasliannya saja melainkan ada kolaborasi yang dipadukan dengan perkembangan modernisasi khususnya perkembangan teknologi,” jelas Kadis.
Untuk itu, pengembangan fasilitas serta sumber daya manusia perlu disesuaikan dengan perkembangan saat ini sehingga turut mendukung upaya dan inovasi promosi pariwisata daerah di Maluku.
“Terkait dengan itu, kedepan kita akan menggandeng seluruh stakeholder baik sector swasta dan pelaku usaha seperti perhotelan, restoran dan lainnya untuk mari sama-sama kita berbenah dan mulai berinovasi menggairahkan iklim pariwisata di Maluku.
Kita sudah menghimbau kepada para pelaku usaha perhotelan agar di setiap ruangan baik loby, restoran maupun kamar dipasang layar TV agar dapat menampilkan video seputar potensi dan destinasi wisata yang ada di Maluku,” ungkap Fandi.
Dikatakan, terkait animo kunjungan wisatawan baik domestic maupun mancanegara pasca Covid 19, jelas terpantau ada peningkatan, hanya saja data validnya akan dirilis akhir tahun dan mesti ada koordinasi data dengan BPS karena memang sekarang ini harus satu data antara isntasi yang satu dengan yang lain.
Selain data kunjungan wisatawan pasca Covid 19, nantiya ada juga launching kegiatan tahunan Pariwisata 2023 oleh Gubernur Maluku pada saat yang bersamaan, papar Hasanusi.
Dirinya berharap, semua kegiatan dan upaya yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Maluku kedepan mendapat dukungan penuh dari seluruh stakeholder dalam menumbuhkan gairah Pariwisata yang dimiliki oleh seluruh Kabupaten/Kota di Maluku, tutupnya.

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X