Tunggu Petunjuk Dinas, SMA Xaverius Siap Laksanakan Ujian

Ambontoday.com, Ambon.- Persiapan Ujian bagi siswa kelas XII SMA Xaverius sampai saat ini masih menunggu petunjuk dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku.
Demikian penjelasan Kepala Sekolah SMA Xaverius Ambon, Pastor. Pius Titirloloby kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa 19 Januari 2021.
“Kalau untuk kesiapan secara teknis SMA Xaverius sudah siap untuk melaksanakan ujian. Apalagi pemerintah memberikan kewenangan penuh kepada pihak sekolah.
Kalau soal teknis pelaksanaan ujian kita sudah siap, tinggal menunggu petunjuk dari Dinas saja”, jelas Kepsek.
Ditanya soal sistim pemantapan bagi siswa kelas XII di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini, menurut Titirlolobi pihak sekolah belum ada keputusan seperti apa sistim pemantapan yang mau dilakukan.
“Untuk pemantapan bagi siswa memang belum jelas cara yang mau diterapkan seperti apa, namun dengan sistim pembelajaran di tengah kondisi pandemi saat ini mungkin akan tetap dipakai untuk pemantapan.
Jadi intinya kita pakai kurikulum yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat yakni kurikulum penyesuaian, mengingat kondisi dan situasi yang tidak memungkinkan saat ini,” ungkap Titirlolobi.
Dikatakan, untuk materi ujian sendiri juga nanti akan disesuaikan seperti apa. Sebab dalam kondisi pandemi ini kita tidak bisa berharap ataupun memasang target yang lebih, karena di satu sisi kita ingin menentukan penilaian yang maksimal tetapi situasi dan kondisi tidak memungkinkan untuk para siswa peserta ujian.
Menurutnya, jumlah siswa peserta ujian SMA Xaverius di tahun ini meningkat dibandingkan dengan tahun kemarin.
“Memang untuk peserta ujian tahun ini ada mengalami peningkatan dimana jumlah siswa peserta ujian sebanyak 142,” kata Titirloloby. AT008