13 June 2024
Kab.BurSel Maluku Politik

Tutup Pendaftaran, 7 Balon Rebut Perindo 2 Balon Tanpa Kabar

 

Ambontoday.com – Terhitung 10 hari dari tanggal 20 April sampai 30 April 2024, DPD Partai Perindo Buru Selatan (Bursel) membuka pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon wakil Bupati untuk Pilkada 2024.

Dalam waktu itu, untuk mendapatkan rekomendasi DPD Perindo sangat diminati oleh kandidat yang ingin bertarung pada kontestasi Pilkada Bursel pada 27 November 2024 nanti.

Kenapa Perindo diminati banyak kandidat lantaran partai ini memiliki 2 kursi di DPRD periode 2024-2029. Maka kandidat yang peroleh rekomendasi partai ini hanya mencari satu partai saja yang memiliki dua kursi maka sudah bisa mendaftar di KPU sebagai Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati.

Sekretaris DPD Perindo, Rahman Tewawo kepada awak media di media center DPD Partai Perindo menjelaskan, dari pembukaan pendaftaran ada 9 Balon kepala daerah yang mengambil formulir di Perindo.

“Di Perindo ada 9 Balon, 6 balon Bupati dan 3 balon Wakil Bupati,” terang Tewawo, Rabu (1/5/2024).

Tewawo menjelaskan, 6 Balon Bupati itu adalah, La Hamidi (LHM), Ibrahim Banda (IB), Safitri Malik Soulisa (SMS), Elisa Ferianto Lesnussa, Lutfi Sanaky dan Abdul Hamid Souwakil (AHS).

Sedangkan Balon Wakil Bupati yang mengambil formulir yakni Sami Latbual, Hempri Benno Lesnussa, dan Frits Lesnussa.

Namun dari semua Balon Bupati maupun Balon Wakil Bupati yang mengambil formulir, hingga penutupan cuma 5 balon Bupati dan 2 Balon Wakil Bupati yang mengembalikan formulir alias mendaftar.

“Jadi yang kembalikan untuk balon Bupati itu Pak La Hamidi, Bupati petahana Ibu Safitri Malik Soulisa, Pak Lutfy Sanaky, Pak Ibrahim Banda dan Pak Elisa Ferianto Lesnussa. Sedangkan Balon Wakil Bupati yang mengembalikan hanya Pak Sami Latbual dan Pak Frits Lesnussa,” rincinya.

Selebihnya ia menjelaskan bahwa pihaknya tidak mengetahui kendala apa yang menyebabkan ada Balon Bupati maupun Balon wakil Bupati yang tidak mengembalikan formulir pendaftaran.

Namun soal dikembalikan formulir pendaftaran maupun tidak kembalikan, itu menjadi urusan bakal calon masing-masing.

“Kalau yang tidak kembalikan itu Pak Hempri Benno Lesnussa dan Pak Abdul Hamid Souwakil. Kami tidak tau tapi kami sebagai tim penjaringan selalu berkomunikasi dengan mereka dan informasi yang kami dapat katanya mereka masih diluar daerah. Namun yang pasti Perindo Bursel sudah terbuka untuk semua dan tidak ada yang diistimewakan,” pungkasnya.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa memang ada surat dari DPW Perindo terkait perpanjangan pendaftaran, namun karena kandidat Balon yang mendaftarkan di anggap sudah cukup maka perpanjangan di Perindo Bursel tidak dilakukan.

“Ada surat dari pimpinan atas setelah kai rapat internal kami putuskan tidak lagi memperpanjang waktu pendaftaran,” tandasnya.

Sekedar informasi, Balon Bupati Abdul Haris Wally (AHWA) diketahui tidak mengambil formulir di DPD Perindo Bursel.

Tim penghubung AHWA, Sunardi Gura yang dihubungi mengaku untuk partai Perindo kandidatnya langsung berproses di pusat.

“Sesuai arahan seperti itu, kalau untuk partai Perindo kandidat kami Pak AHWA langsung berproses di DPP,” tandasnya.(Biro BurseL)

.

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X