20 June 2024
Pendidikan

UNPATTI Buka Pendaftaran SNMPTN

Ambontoday.com, Ambon.- Pendaftaran Mahasiswa Baru kembali akan dibuka oleh Universitas Patimura Ambon kepada seluruh kalangan yang ingin mengenyam pendidikan tinggi.
Ada tiga jalur pendaftaran masing-masing SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SB (Seleksi Bersama) dan Mandiri dan dikelola secara nasional oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).
Hal ini dikatakan Wakil Rektor I Bidang Akademik Unpati Ambon, Prof. DR. Fredy Leiwakabessy, M.Pd kepada wartawan Rabu 20 Januari 2021.
Menurutnya, hal ini sudah disosialisasikan kepada 200 lebih KepaLa Sekolah SMA se-Maluku yang domotori oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku pada Jumat 15 Januari.
Leiwakabessy menjelaskan, untuk SNMPTN Unpati mendapat quota minimum sebesar 20%, untuk SB minimum sebanyak 40% dan Mandiri maximum 30%. Itu berarti secara keseluruhan total quota baru 90%, nah untuk memenuhi quotq 100% itu nanti dilihat dari SNPTN dan SB yang quotanya minimum itu bisa dinaikan, sedangkan untuk Mandiri tidak boleh lebih dari 30%.
Jadi untuk pendaftaran nanti, masing masing sekolah harus masuk mendaftar LTMPT muali tanggal 4 Januari sampai 1 Februari 2021.
“Syarat siswa bisa lolos masuk SNMPTN dan SB itu bukan ditentukan oleh perguruan tinggi melainkan oleh sekolah, kita hanya menunggu hasil seleksi.
Dimana sekolah bisa mendaftarkan, ya sekolah harus mengisi Pangkalan Data Sekolah Siswa (PDSS).
Kami juga sudah mengirim seluruh daftar, tahapan dan jadwal pemndaftaran ke sekolah sekolah untuk dijadikan panduan dalam proses pendaftaran siswa,” papar Warek I Bidang Akademik Unpatti.
Setelah melakukan pendaftaran sesuai jadwal, pengisian PDSS itu 8 Januari sampai 8 Februari, pendaftaran SNPTN itu 15 – 24 Februari. Pengumuman hasil itu pada 22 Maret 2021, dan penilaian siswa yang lolos itu berdasarkan nilai raport, kalau penetuan kelulusan untuk SB itu nanti ditentukan dalam UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).
Dirinya menambahkan, bagi siswa yang sudah memiliki akun dalam seleksi SNPTN namun tidak lolos, bisa menggunakan akun yang sama untuk mendaftar pada SB. Tetapi bagi siswa yang sudah lolos pada SNMPTN tidak diperbolehkan lagi mandaftar pada SB. AT 008

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X