Ambon, Ambontoday.com.- Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Ambon, F.P. Soumokil,S.Pi kepada wartawan di ruang kerjanya, menyampaikan, proses belajar mengajar melalui daring selama masa pandemic covid 19 berjalan lancar sesuai regulasi yang disampaikan pemerintah, bahkan untuk tahun pelajaran 2021-2022 proses belajar mengajar kini sudah sampai pada penilaian akhir semester.

Menurutnya, proses belajar mengajar secara daring ini masih dilakukan ada instruksi baru dari pemerinth soal pembelajaran tatap muka. Proses belajar mengajar tetap berjalan lancar bahkan penilaian akhir semester juga sudah selesai dilakukan secara daring.

“Siswa diuji secara daring dimana soal dimasukan ke aplikasi kemudian proses penilaian berlaangsung dan semuanya berjalan dengan baik.

Untuk siswa yang tidak memiliki perangkat gadget seperti HP Android atau Laptop/Komputer di rumah, kita mengisinkan mereka untuk mengikuti penilaian akhir semester di sekolah dengan catatan tetap mematuhi aturan dan protocol kesehatan dan itu dipantau secara ketat,” jelas Soumokil.

Dikatakan, semua aktifitas pembelajaran yang dilakukan secara daring selama ini mendapat pemantauan serta pendampingan secara ketat dari masing-masing wali kelas termasuk konseling.

Untuk penerimaan Rapor direncanaan akan dilakukan tanggal 20 Desember 2021 secara daring karena ada kebutuhan masing-masing wali kelas untuk mempercakapkan progress belajar dari setiap siswa.

Sementara itu, terkait persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah bagi siswa kelas XII, dimana saat ini sementara dilakukan pembenahan-pembenahan di lembaga pendidikan ini dalam kaitan dengan persiapan tatap muka terbatas.

“Terkait rencana pembelajaran tatap muka terbatas, saat ini kita sementara melakukan pembenahan-pembenahan kea rah itu. Namun, jika nantinya rencana tatap muka terbatas belum bisa dilakukan maka, kami sudah menyampaikan kepada guru pendidik kelas XII untuk mempersiapkan materi-materi atau bank soal yang memiliki kaitan erat dengan kompetensi yang akan diuji pada pelaksanaan Ujian Sekolah nanti.

Ini dilakukan agar siswa dalam masa-masa pembelajaran daring ini tetap menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan setiap guru. Siswa juga disiapkan dalam hal psikologi walaupun pembelajaran dan ujian nanti tetap masih menggunakan sisitim daring, dan kita tetap menekankan untuk mengutamakan prestasi dan mutu kelulusan kedepan sehingga tidak ada anggapan bahwa ini kondisi pandemic jadi ada pengecualian pemberlakukan khusus bagi siswa. Tidak ada istilah seperti itu,” tandas Kepala Sekolah.

Terkait persiapan ujian sekolah juga, kami minta peran serta orang rua dalam mengontrol anak-anak sehingga walaupun pembelajaran dilakukan dari rumah tetapi disiplin anak dalam menyelesaikan semua tugas dan soal yang diberikan guru mata pelajaran, ungkapnya.