Ambontiday.Com – Gerson E. Selsily Wakil Bupati Buru Selatan berharap Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) harus memahami tugas pokok PMI dalam menyusun program kerja, serta hadir lebih awal dalam memberikan pertolongan bila terjadi musibah bencana alam di daerah.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Buru Selatan Gerseon Selsily pada Pelantikan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buru Selatan Masa Bhakti 2021-2026, berlangsung di aula Kantor Bupati setempat, Selasa, (28/12)

Hadir pada pelantikan tersebut, Wakil Bupati Gerseon Elieser Selsily, Ketua PMI Buru Selatan Iskandar Walla selaku Sekda, Pengurus PMI Provinsi Maluku Dr. Elenora Wattimena Ketua Bidang Sosial dan Kesehatan, pimpinan OPD serta pengurus dan anggota PMI Buru Selatan.

Diketahui, Ketua PMI Buru Selatan
Sekda Iskandar Walla dan Sekertaris Mendy Pesiwarissa. Mereka dilantik berdasarkan SK PMI Provinsi Maluku untuk masa bhakti 2021-2026.

Wakil Bupati Gerseon Selsily mengatakan, PMI adalah lembaga sosial kemanusiaan yang netral dan mandiri, sebagai bagian dari Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah

Dikatakan, berdasarkan Konvensi Jenewa 1949, maka tugas Palang Merah untuk memberikan bantuan pertama pada korban bencana dan korban perang.

Masih kata Selsily, tujuan di dirikannya Palang Merah untuk meringankan penderitaan manusia akibat bencana alam maupun bencana akibat ulah manusia.

Jelas Selsily, organisasi PMI kata Wakil Bupati sangat penting di tengah masyarakat dan menjadi mitra pemerintah daerah.

“Hal ini sangat penting karena setiap masalah berkaitan dengan bencana termasuk bencana non alam yang sedang kita rasakan seperti pandemi covid-19 membutuhkan semua pihak taj terkecuali PMI,” ujar Selsily.

Dalam upaya memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana, PMI memberikan pelayanan berupa, evakuasi korban, penampungan darurat (pengungsian), pertolongan pertama, medis dan ambulance, dapur umum, distribusi bantuan dan, air bersih dan sanitasi.

Lanjut Selsily, tugas pokok PMI antara lain, kesiapsiagaan dan dan penanggulangan bencana, memberikan bantuan kepada korban konflik bersenjata, kerusuhan dan lainnya.

Masih Selsily, PMI memberikan pelayanan darah sesuai ketentuan, pembentukan dan pembinaan sukarelawan, pelayanan sosial kesehatan masyarakat dan memberikan pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan kepalamerahan.

“Tugas pokok PMI sebagai diuraikan harus dapat di pahami oleh seluruh jajaran pengurus PMI kabupaten Buru Selatan sebagai landasan dalam menyusun program kerja, serta hadir lebih awal dalam memberikan pertolongan bila terjadi musibah bencana alam di daerah,” ujar Selsily berharap.

Selaku pimpinan daerah Selsily berharap pengurus bekerja dengan ikhlas dalam membantu pemerintah daerah dalam menuntaskan persoalan kemanusiaan di daerah ini.

“Dihadapan anda terbentang visi misi Palang Merah Indonesia yakni, “meningkatkan ketahanan masyarakat untuk mengurangi resiko dan dampak bencana serta penyakit meningkatkan pelayanan darah yang memadai, aman dan berkualitas di seluruh Indonesia, memperkuat hubungan kerja dengan pemerintah pusat dan daerah dalam rangka menjalankan mandat dan fungsi PMI di bidang kemanusiaan,” pungkas Selsily.

Selsily berharap pula agar visi misi tersebut dat dipahami sehingga PMI Kabupaten Buru Selatan menjadi lebih dikenal karena dekat dengan masyarakat.

Sementara pada sambutan Ketua PMI Buru Selatan Iskandar Walla selaku Sekda Buru Selatan menyampaikan bahwa, semasa PMI dibawa kepemimpinan almarhum Buce Seleky suda cukup banyak program yang di laksanakan.

“Kami memiliki harapan besar, pemerintah daerah Buru Selatan senantiasa mendukung seluruh program yang akan dilaksanakan oleh PMI,” harap Walla.

Mengakhiri sambutannya, Walla menyampaikan ucapan terimakasih kepada almarhum Buce Seleky sebagai Wakil Bupati yang telah memimpin dan membesarkan PMI Buru Selatan.

Pada sambutan Ketua PMI Provinsi Maluku yang dibacakan oleh Dr. Elenora Wattimena selaku Ketua Bidang Sosial dan Kesehatan mengatakan, Kemajuan organisasi ini tidak terlepas dari dukungan semua perangkat baik pengurus, anggota maupun pemerintah daerah dan masyarakat untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik.

Pengurus PMI Provinsi Maluku juga berterima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan yang berkenaan menerima organisasi PMI untuk hadir dan berkiprah dalam melayani masyarakat di Kabupaten Buru Selatan.

“Saya yakin pemerintah kabupaten Buru Selatan akan ikut serta mendukung memperlancar mobilitas program-program PMI dan tugas kemanusiaan,” ujar Wattimena. (Biro BurseL)

.