Wagub Maluku Hadiri Pelantikan 10 Dokter Baru FK Unpati Secara Online

Ambontoday.com, Ambon.- Sebanyak 10 orang Dokter Baru dilantik dan diambil sumpah oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unpati secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin 28 September 2020. Turut hadir dalam pelantikan tersebut Wakil Gubernur Maluku, Drs.Barnabas Orno, Rektor Universitas Patimura, Prof.DR.M.J.Sapteno,SH. M.hum, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Maluku, dr. Hendrita Tuanakotta,M.kes.

Kesepuluh Dokter Baru ini adalah lulusan ke-18 Periode September 2020, dengan demikian maka sejak Fakultas Kedoteran Unpati dibuka pada 2008 silam sampai sekarang ini sudah menelorkan sebanyak 210 tenaga Dokter.

Demikian disampaikan Dekan Fakultas Kedokteran Unpati, DR.dr,Bertha Jean Que, saat melantik dan mengambil sumpah 10 Dokter Baru.

Dalam sambutannya, Dekan mengatakan, kesepuluh dokter baru yang baru dilantik dan diambil sumpah saat ini hendaknya menjadikan momentum pelantikan sebagai awal dari perjalanan karis profesi sebagai Dokter.

“Momentum pelantikan ini adalah langkah awal bagi perjalanan sebagai seorang Dokter, untuk itu, sebelum menjalankan tugas secara resmi apalagi ditengah situasi pandemic Covid-19, kalian harus turut mendukung pemerintah dalam upaya menekan penyebaran wabah virus corona ditengah masyarakat.

Jadilah contoh dengan selalu menjalankan protocol kesehatan dimana saja saudara-saudara berada. Dengan demikian masyarakat disekitar anda juga akan mencontohi apa yang anda lakukan demi menekan angka penyebaran virus corona,” jelas Dekan.

Dirinya juga meminta pihak Pemerintah Provinsi Maluku agar dapat memanfaatkan ketersediaan lulusan Fakultas Kedokteran dalam mengisi kebutuhan-kebutuhan tenaga kedokteran dalm formasi penerimaan PNS.

Mengakhiri sambutannya, Dekan Fakultas Kedotrean Unpati mengingatlan kepada para Dokter lulusan FK  Unpati agar kedepan harus menerima setiap panggilan tugas dengan tidak memilih-milih tempat.

“Jangan memilih-milih tempat pengabdian, sebab panggilan tugas bagi saudara-saudara adalah panggilan tugas yang sangat mulia, dimanapun kalian ditempatkan untuk mengisi ketersediaan tenaga Dokter dalam melayani masyarakat harus diterima dan dijalankan dengan penuh rasa tanggungjawab dan sesuai sumpah Kedokteran yang saudara-saudara ikrarkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Patimura, Prof.DR.M.J.Sapteno,SH.M.hum dalam sambutannya menyampaikan, suatu kebanggaan bahwa beberapa tahun terakhir lulusan Fakultas Kedokteran Unpati tidak kalah saing dengan Fakultas Kedokteran lain yang ada di Indonesia, itu terbukti dengan dengan nilai kompetensi secara nasional yang diperoleh para lulusan serta presentase kelulusan sebesar 80 persen.

Terimakasih juga Rektor sampaikan kepada Pemerintah Provinsi Maluku terkhusus Dinas Kesehatan yang sudah turut menopang pendidikan jalannya pendidiian di Fakultas Kedokteran dengan memberikan kesempatan kepada calon-calon dokter untuk mengikuti masa praktek di sejumlah Rumah Sakit maupun Puskesmas.

Sapteno mengatakan, menjadi Dokter adalah sebuah panggilan tugas yang sangat mulia, untuk itu para lulusan dalam pengabdian di tengah-tengah masyarakat jangan sampai melanggar sumpah yang sudah diikrarkan.

“Menjadi Dokter itu panggilan tugas yang sangat mulia, jangan sampai melanggar sumpah yang sudah diikrarkan karena Tuhan mendengarnya. Mengabdilah kepada masyarakat dengan tidak memilih golongan, agama maupun tempat pengabdian. Kalau saudara ditugaskan di daerah terpencil penuhilah panggilan tugas itu,” ungkap Rektor.

Dirinya juga meminta Wakil Gubernur Maluku agar nantinya dapat mengambil langkah-langkah kebijaan dalam mengakomodir para lulusan Fakultas Kedokteran dalam mengisi dan mengemban tugas di seluruh pelosok daerah Maluku.

Pada kesempatan itu juga, Wakil Gubernur Maluku, Drs.Barnabas Orno dalam sambutannya mengatakan, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter baru adalah sebuah momentum strategi bagi Pemprov Maluku dalam mengatasi kekurangan tenaga Dokter di Maluku.

Dirinya juga menyampaikan bahwa Pemprov Maluku akan tetap memberikan perhatian bagi lulusan Fakultas Kedokteran Unpati dalam mengisi formasi tenaga medis khususnya Dokter di wilayah Maluku.

Usai dilantik dan disumpah, kesepuluh Dokter yang baru kemudian diserahkan oleh Rektor Unpati kepada organisasi Ikatan Dokter Indoneia (IDI Maluku) dan diterima langsung oleh Ketua IDI Maluku, dr. Hendrita Tuanakotta,M.kes. (AT008)

author