Wagub Maluku Klarifikasi Soal Gubernur Ganti Kasrul Selang dengan Sadli Le

Ambon,Ambontoday.com- Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno mengklarifikasi tentang Gubernur Maluku, Murad Ismail, yang menggantikan Sekertaris Daerah(Sekda) Provinsi Maluku Kasrul Selang dengan Sadli Le

Di gantinya Kasrul Selang dengan alasan beberapa waktu yang lalu, Selang terpapar covid-19, dan perlu melakukan pemulihan kesehatan secara total.

Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno dalam konferensi pers,Rabu(21/7/2021) bertempat di lantai II Kantor Gubernur Maluku, menjelaskan, Tugas dan fungsi seorang sekretaris daerah dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan administrasi organisasi dan tata laksana serta memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh perangkat daerah provinsi.

Sesuai aturan, kurang dari 15 hari kerja dapat diangkat atau ditunjuk pelaksana harian baru, kebijakan yang diambil oleh Gubernur, dengan mempertimbangkan penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan yang efektif demi kelancaran pelayanan kepada publik atau masyarakat.

“terjadi pergantian jabatan atau pada berbagai jenjang dalam pemerintah dalam lingkungan pemerintah daerah provinsi Maluku, adalah semata-mata bertujuan untuk sebuah kemajuan demi kepentingan masyarakat dan bukan untuk tujuan politik.” Tukasnya.

Di samping itu, Orno menjelaskan, Sebagai pejabat pembina kepegawaian, Gubernur mempunyai kewenangan menetapkan, pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian, aparatur sipil negara ASN dan pembinaan manajemen ASN di instansi pemerintahan sesuai ketentuan undang-undang nomor 5 tahun 2012 tentang ASN.

“kepala daerah menuju pelaksana harian apabila Sekretaris Daerah tidak bisa melaksanakan tugas kurang dari 15 hari kerja pasal 4 huruf A peraturan Presiden RI nomor 3 tahun 2018, tentang pejabat sekretaris tempat pejabat pemerintah dalam kurung kepala daerah memiliki hak untuk menggunakan kewenangan dalam mengambil keputusan atau tindakan tersebut antara lain menuju pelaksana harian.” Lanjutnya

Ia menambahkan, tujuan pemerintahan daerah berdasarkan visi dan misi kepala daerah dan wakil kepala daerah dan rasa percaya kepada kepala daerah dan wakil kepala daerah, dan koordinasi visi dan misi pembangunan.

Saat di pertanyakan, bahwa alasan di istirahat kan Kasrul Selang bertolak belakang dengan kenyataan yang terjadi di lapangan, di mana mantan Sekda, Kasrul Selang pada,Senin(19/7/2021) melakukan Rapat bersama gugus tugas(Gustu) covid-19 dengan Dandrem Di Lantai II kantor Gubernur, Orno mengatakan tidak tahu sampai di situ.

“Saya tidak tahu sampai di situ, tentang pertemuan itu,”tegasnya.

Ditambahkannya,menurut pertimbangan Gubernur Maluku bahwa Pak Sekda Kasrul Selang seharusnya melakukan pemulihan kesehatan secara baik,”tutupnya. (AT-010).

error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!