Waktu Dekat, KM Sabuk Nusantara 71 Siap Layari Kab. MBD

AMBON, AMBONTODAY.COM – Dalam waktu dekat ini, KM Sabuk Nusantara 71 siap melayari rute Ambon menuju sejumlah pelabuhan di Kabupaten Maluku Barat Daya. Kapal perintis ini disiapkan oleh PT. Pelni Cabang Ambon. Pernyataan ini disampaikan Plt Kepala PT Pelni Cabang Ambon, Djasman kepada media ini diruang kerjanya, Rabu (27/2/2019).

Ia mengatakan, kapal tersebut beberapa hari lagi sudah mulai berlayar dari Semarang menuju Kota Ambon. Setelah tiba di Ambon, tinggal menunggu serah terima dari Dinas Perhubungan kepada PT Pelni Cabang Ambon untuk mengelolanya.

“Pengiriman kapal dari Semarang ke Ambon tanggung jawab galangan kapal, kami hanya menunggu serah terima dari Dinas Perhubungan Provinsi Maluku yang diserahkan sesuai dengan
berita acara kepada PT Pelni Cabang Ambon yang mengelolanya,” katanya.

Menurutnya, KM Sabuk Nusantara 71 adalah kapal baru dan bukan kapal lama. Maka dengan kapal baru ini sejumlah rute yang dianggap sulit di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), apalagi selama ini hanya dilayani oleh satu kapal perintis yakni KM Sanus 48, walaupun dibantu oleh kapal penumpang milik swasta yang melayani penumpang ke arah itu, namun dirasakan masih kurang.

“Dengan kehadiran kapal ini, kiranya dapat mempermudah sehingga tidak terlalu kesulitan saat berlayar untuk menyinggahi pos-pos pelabuhan yang ada di Kbuapaten MBD,” harapnya.

Ia menambahkan, KM Sabuk Nusantara 71 akan melayari dan menyinggahi pelabuhan Romang, Kisar, Leti, Moa, Lakor, Luang, Sermatang, Lelang, Mahaleta, Tepa, Dai, Daulor, Koroin, Marsela, Tual dan Ambon. (AT-011)

Jadilah Orang Pertama share:
author