Walikota Resmikan Penggunaan Gedung SD

Ambon, Ambontoday.com – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy secara  langsung meresmikan Penggunaan Geduang Sekolah Dasar Kristen 1 dan 2 Yayasan DR.J.B.Sitanala dengan menekan tombol sirene sebagai tanda  difungsikan kembali gedung sekolah pasca kebakaran yang berlangsung di Gedung Sekolah Dasar Kristen 1 dan 2 Hunut, Jumat (12/1/2017).

Turut hadir dalam peresmian gedung Sekolah Dasar tersebut adalah Sekertaris  Kota Ambon, Ketua Yayasan Pembina Kristen, Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Kepal Dinas Pekerjaan umum (PU) Kota Ambon, Kepala Dinas Lingkungan
Hidup dan Persampahan Kota Ambon, dan seluruh staf di lingkup Pemerintahan Kota Ambon.

Walikota Ambon dalam sambutannya mengatakan, Pendidikan merupakan invenstasi jangka panjang yang harus dipersiapkan guna mencetak sumber daya manusia (SDM) yang mampu menjawab tantangan zaman. Untuk itu, Pemerintah Kota Ambon (Pemkot) memberikan perhatian besar bagi pendidikan, dengan sasaran prioritas menjamin pemertaan pendidikan, peningkatan, mutu dan manajemen pelayanan pendidikan.

“Disadari sungguh bahwa melalui pendidikan kita akan mampu melahirkan pemimpin-pemimpin dan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Oleh karena itu, sektor pendidikan menjadi tanggung jawab kita bersama,” kata Louhenapessy.

Dia menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang pengelolaan pendidikan oleh yayasan yaitu : Pertama, Kulaitas pendidikan harus dijada dan dijaga dan lebih ditingkatkan. “Karena seringkali terjadi kualitas pendidikan pada
sekolah-sekolah yang dikelola oleh pihak swasta menjadi terabaikan,” ungkapnya.

Menurutnya, pihak swasta hanya memperhatikan bagaimana sekolah mengahasilkan murid yang banyak dari pada kualitas pendidikan dan manajemen sekolah yang baik.

Kedua, terciptanya hubungan harmonis antara pengelola sekolah dan yayasan, agar terjalin kerjasama yang baik antara kedua belah pihak.

“Kita ketahui banyak terjadi benturan-benturan kepentingan antara pengelola sekolah dan yayasan, sehingga anak didik kerap menjadi korban atas konflik yang terjadi,” terangnya.

Lanjutnya mengakui, untuk mengatasi masalah ini diperlukan keterbukaan dan komunikasi yang baik. Hal ini menjadi kunci penting dalam keberhasilan pengelolaan manajemen sekolah.

“Pembangunan kembali sekolah ini dapat bermanfaat bagi semua siswa dalam menerima proses belajar mengajar sehingga sekolah dapat mengahasilkan calon-calon pemimpin yang produktif, kompetitif, inovatif, visioner serta
berakhlak mulia,” pintanya.

Selain itu, Walikota Ambon berpesan kepada seluruh komunitas pendidikan yang ada di Kota Ambon untuk terus meningkatkan kinerja dan pengetahuan dalam memajukan mutu dan kualitas pendidikan, pergunanakan, pelihara sarana dan
prasarana belajar yang tersedia.

“Ini merupakan bentuk tanggung jawab kita dalam mewariskan ilmu pengetahuan kepada generasi muda , sebagai bekal mereka menghadapi perkembangan zaman Now yang semakin kompetitif,” tutupnya. (AT-009)

Jadilah Orang Pertama share:
author