Walikota Serahkan 600 KTP Untuk Siswa 17 Tahun

Ambon, Ambontoday.com – Walikota Ambon menyerahkan sebanyak 600 Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi siswa yang berusia 17 Tahun. Penyerahan dilakukan di Halaman Parkir Balai Kota Ambon, Selasa (22/1/2019).

Dalam sambutannya, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan penyerahan KTP dilakukan sebagai bentuk legitimasi yang diberikan pemerintah kepada masyarakat yang sudah dewasa secara hukum.

“Ini sebuh legitimasi atas hak dan kewajiban sebagai warga negara, sehingga dalam proses pemilihan umum dapat turut serta memberikan suara sebagai hak politiknya,” tuturnya.

Selain itu, penyerahan KTP ini juga merupakan salah satu bentuk dari capaian program jemput bola Disdukcapil Kota Ambon yakni Kartu Tanda Penduduk Elektronik khusus untuk usia 17 tahun (Kartapel U-17).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Ambon, Selly Haurissa menambahkan penyerahan KTP bagi siswa usia 17 tahun selain sebagai capaian program Disdukcapil tapi dilakukan untuk memberikan hak suara pada siswa yang merupakan pemilih pemula pada saat Pemilu yang akan datang.

Namun, pada penyerahan tersebut ada 12 sekolah yang belum menerima penyerahan KTP.

“Dua belas sekolah yang ada itu, tidak diketahui secara pasti berapa jumlahnya, yang pasti seluruh siswa SMA sederajat yang adalah pemilih pemula dapat memperoleh tanda penduduk sebelum pemilu nanti,” tambahnya.

Walaupun belum diberikan bagi 12 sekolah yang ada, pihaknya akan tetap memproses KTP bagi siswa usia 17 Tahun dan dipastikan dalam bulan ini akan diselesaikan sehingga sebelum proses pemilihan umum 17 April mendatang seluruh siswa sekolah dapat mempergunakan hak suara secara benar. (AT-011).

Jadilah Orang Pertama share:
author