20 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Kota Ambon

Walikota : Tak Ada Target, Naku Segera Miliki Raja Defenitif

AMBON, – Ambontoday.com- Pemerintah Kota Ambon tidak memiliki target dalam penyelesaian 8 negeri yang belum mempunyai raja defenitif.

Pasalnya, sebuah prosesi adat dari satu Negeri tidak memiliki target, tapi bagaimana cara menyelesaikan seluruh persoalan yang ada pada 8 negeri tersebut.

“Kami pemerintah hanya memfasilitasi dan mengarahkan sesuai ketentuan perundangan yang berlaku. Karena yang memutuskan adalah masyarakat adat itu sendiri.” Demikian Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena kepada media di Ambon, Jumat (6/1/2023).

Dirinya mengakui, sampai dengan saat ini proses untuk negeri Naku terus berlangsung.
“Saya akan bertemu pimpinan dan tokoh adat, tokoh masyarakat hari Selasa nanti, sehingga seluruh proses yang diselesaikan dapat disepakati secara baik dan bersama-sama,” tuturnya.

Untuk itu, Dirinya berharap, adanya kesepakatan yang dilaksanakan dengan aman, nyaman dan lancar, sehingga dalam waktu dekat atau bulan ini negeri Naku bisa dilantik rajanya.

“8 Negeri di Kota Ambon yang belum memiliki raja defenitif diantaranya; Naku, Hative Besar, Tawiri, Passo, Batumerah, Amahusu, Seilale dan Rumahtiga,” tambahnya. (AT-009)

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X