23 June 2024
Kota Ambon Kriminal

Wartawan dalam menjalankan Tugas di Lindungi UU PERS Polisi diminta Lebih Bijak

Ambon, Ambontoday.com, Langkap Ditkrimsus Polda Maluku memanggil jurnalis media daring porostimur.com untuk dimintai keterangan sebagai saksi dalam Perkara Dugaan Penyelewengan anggaran Kwarda Pramuka Propinsi Maluku, mendapat tanggapan dari Pengurus Daerah Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Maluku.

Ketua Bidang Hukum dan Advokasi Penda JMSI Provinsi Maluku Alfred Victor Tutupary, SH, CCL, mengatakan, dalam tugasnya jurnalis dilindungi oleh UU No. 40/1999, maka berdasarkan pasal 50 KUHAP jurnalis/wartawan yang menjalankan amanat UU No.40/1999 memiliki hak imunitas dan tidak dapat dihukum.

Hal senada juga diatur dalam pasal 170 KUHAP, di mana karena pekerjaan berhak untuk menjaga kerahasiaan dan dapat dibebaskan untuk dimintai keterangan sebagai saksi dalam sebuah perkara,” ujarnya, Kamis (27/7/2023).
Alfred yang juga seorang advokat di kota Ambon ini menjelaskan, dalam hal kasus yang berhubungan dengan wartawan/jurnalis terkait pemberitaan atau produk pers, penyidik mestinya memakai lex specialis dalam menangani perkara dimaksud yakni UU Pers No. 40 tahun 1999 tentang Pers.

“Dalam lex specialis UU 40/1999 mengatur soal hal tolak. Lebih lanjut diatur dalam pasal 4 ayat (4) UU No.40/1999 jika itu berhubungan dengan pengungkapan identitas narasumber,” ujarnya.

Kendati demikian kata Alfred, hak tolak dapat dicabut atas perintah pengadilan, jika perkara dimaksud melalui pertimbangan hakim berhubungan dengan keamanan dan ketertiban serta keselamatan negara.(JMSI/PR)

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X