23 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Kota Ambon Pendidikan

Wattimena : Persoalan Pendidikan di Sekolah, Tidak sepenuhnya Ditimpa ke Kadisdik

Ambon, Ambontoday.com- Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena menyatakan persoalan pendidikan yang berada pada sekolah tidak sepenuhnya di tumpahkan ke Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon.

“Ada tanggung jawab kepala Dinas , ada tanggung jawab kepala sekolah. Jangan semuanya disalahkan kepada kepala Dinas Pendidikan,” katanya kepada awak media di The City Hotel, Kamis (26/10/2023).

Menurutnya, Kepala dinas itu membuat kebijakan untuk peningkatan mutu pendidikan di Kota Ambon.
Kalau mutu pendidikan di Kota Ambon rendah, tapi ini kan tidak. Mala terus naik dan semakin tinggi. “Itu berarti kebijakan kepala dinas pendidikan itu tidak salah,” akuinya.

Diakui, masalah di sekolah jangan main kasih salah kepala dinas. Tapi kepala sekolahnya yang disalahkan, kan kewenangan-kewenangan ini ada pada masing-masing.

“Kami sudah sampaikan dalam berbagai kesempatan, tidak ada pungli. Kurang apa yang belum saya sampaikan.
Kalau Semua disalahkan, salahkan saya saja,” ucapnya.

Selain itu, kalau ada sekolah mengambil kebijakan untuk uang ini dan itu, jangan salahkan kepala dinas. Kecuali itu atas persetujuan kepala dinas.

“Mari kita lihat indikator secara baik. Lihat indikator pendidikan di Kota Ambon, apakah rendah, tidak kan. Semua baik. Implementasi kurikulum semuanya baik. Trus salahnya dimana,” tutur Wattimena.

Untuk itu, Lanjutnya, kita harus objektif dalam menilai, kalau begitu jangan salahkan kepala dinas saja tapi salahkan saya juga karena saya penanggung jawab.

Kecuali Mutu pendidikan di Ambon rendah, angka kelulusan di Ambon rendah ,itu baru kebijakan kepala dinas, tapi kalau ada pungli di Sekolah. Dari 151 SD di Ambon, kok dinas yang disalahkan, berapa sih presentasenya, tidak sampai 1 persen.

“Saya berterimakasih atas, kritikan, saran dan masukan. Untuk itu, kita harus objektif dalam menilai. Jangan cuma karena 1 hal kecil, kita meniadakan semua hal positif yang sudah terjadi di Kota Ambon,” tandasnya. (AT-009)

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X