17 July 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Ekonomi Kota Ambon Politik_Daerah

Wenno Harap Pemkot Ambon Miliki Konsep Pengelolaan Pasar Mardika

Ambon, Ambontoday.com- Wakil Ketua Pansus Pasar Mardika Yance Wenno menegaskan Pemerintah Kota diharapkan memiliki konsep pengelolaan dan Penataan pasar Mardika .

“Kalau misalnya hak pengelolaan pasar Mardika ini mau diserahkan ke pemerintah kota, maka pemerintah kota harus mempunyai konsep penataan yang didalamnya ada Standar Operasional Prosedur (SOP),”kata Wenno ,Selasa(20/6/2023) di Baileo Rakyat Karang Panjang Ambon.

Menurutnya, sebagai wakil ketua pansus ada beberapa penilaian yang perlu dilihat kembali.

Pertama, over load atau over kapasitas yang kedua tumpang tindih kewenangan yang ketiga terlalu banyak asosiasi pedagang.

Wenno mengaku, dengan banyaknya asosiasi dengan jumlah anggota yang bervariasi 700, 1000 sehingga koordinasinya memang agak-agak sulit.

“Masalah-masalah ini yang harus harusnya menjadi perhatian pemerintah kota,”tegasnya.

Lanjut Wenno, terhadap pasar yang baru dibangun ini kapasitas tampungnya kan 1.304 sementara jumlah pedagang yang berjualan di seluruh total hampi 4000 .

“Ini tentu menjadi persoalan yang sulit di atasi , atasi pedagang yang banyak gitu yang tidak tertampung ada solusinya ,”ujarnya.

Solusi yang Wenno dorong yakni dengan membangun bangun pasar baru yang representatif.

“Distribusi mereka ke pasar-pasar yang sudah ada atau membiarkan mereka berdagang di atas trotoar atau bahkan yang sekarang terjadi itu adalah lapak di dalam terminal dan sifatnya sementara,”ungkapnya.

Dengan demikian pengelolaan pasar diharapkan dapat melibatkan aparat keamanan.

“Seperti yang disampaikan pa Kapolresta harus ada cctv ,pos pengamanan,ini kan kewajiban pemerintah kota supaya pasar tersebut bisa nyaman dan aman,”tandasnya (AT-009).

Spread the love
Baca Juga  Kapolda: Semua Unsur PAM RI 1 Sudah Siap, Kita Jaga kamtibmas Bersama
X