Wujudkan Sitkamtibmas Yang Kondusif Di Malteng, Tni-Polri Gelar Olah Raga Bersama


Masohi, Ambontoday.com – Dalam menjaga dan memperkuat serta mempertahankan Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (sitkamtibmas) di Kabupaten Maluku Tengah maka jajaran TNI dan Polri melalui Dandim 1502 Masohi Letkol Infanteri A. F. Dalimunthe dan Kapolres Malteng AKBP Raja Arthur Lumongga Simamora melaksanakan serangkayan kegiatan olah raga yang melibatkan semua unsur dan jajaran TNI-Polri serta pemda malteng yang pembukaannya di laksanakan di lapangan bola kaki Kodim 1502 Masohi pada Senin, 24 Juli 2017.

Pelaksanaan kegiatan oleh raga yang di gelar oleh Dandim 1502 masohi bersama Kapolres Malteng tersebut meliputi pertandingan Bola Kaki, Tenis meja, tarik tambang, lomba dan olah raga lainnya serta lomba Karaoke kepada ibu persit dan ibu bhayangkari kedua jajaran tersebut.

Kegiatan lombah olahraga ini di ikuti oleh jajaran TNI dari satuan Yonif 731 Kabaresi, stuan Kodim 1502 Masohi, satuan POMDAM XVI Pattimura Cabang Masohi, satuan TNI AU BKO Bandara Amahai dan jajaran TNI KKLDN Pasis Dikreg LV Seskoad yang sedang melaksanakan tugas penelitian di Malteng maupun jajaran Polres Malteng dan Detasemen Kompi C BRIMOB Amahai.

Dandim 1502 Masohi Letkol Infanteri A. F. Dalimunthe ketika di konfirmasi media ini di ruang kerjanya Senin, 24 Juli 2017, mengatakan kegiatan lomba olah raga bersama TNI-POLRI ini merupakan kesepakatan bersama kedua unsur pimpinan secara rutin pada setiap bulan berjalan.

Kesepakatan bersama ini di lakukan guna memupuk dan menjaga persatuan dan kesatuan yang harmonis antara TNI dan Polri di Maluku Tengah sekaligus menjaga dan mempertahankan Sitkamtibmas yan semakin kondusif sehingga pelaksanaan roda pemerintahan dan pembangunan di malteng bisa di laksanakan dengan baik guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terang Dandim.

Sebagai pemegang tongkat komando di Kodim 1502 Masohi, Dalimunthe jelaskan kalau kegiatan lomba olah raga dan karaoke ini di laksanakan bermula di Mako Kodim 1502 Masohi, yang kemudian nantinya pada tanggal 12 Agustus di laksanakan di Mako Polres Malteng yang selanjutnya bergilir ke Batalyon Yonif 731 Kabaresi maupun Mako Brimob Kompi C Amahai pada bulan September dan Oktober 2017. Jadi kegiatan ini rutin di laksanakan setiap bulan berjalan, ucapnya.

Ide dan gagasan Dandim dan Kapolres ini sekaligus mengsinergikan jajaran TNI dan Polri di wilayah ini dalam menjaga Sikamtibmas sekaligus mejaga keharmonisan dan kekeluargaan kedua jajaran yang lebih baik dan harmonis.

Kami mengsiasati ini agar hubungan kita kedua jajaran semakin membaik dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab sebagai aparat Negara yang selalu melindungi masyarakatnya dari berbagai gangguan baik dari dalam maupun luar.

Kami akan membuktikan kepada masyarakat Indonesia terutama di wilayah Malteng maupun pimpinan tertinggi di NKRI kalau TNI dan Polri di Malteng adalah saudara, itu berarti bahwa tidak ada kata perbedaan dan permusuhan di kalangan kedua jajaran, tegas Dandim.

Menurut Dandim bahwa momen seperti ini nantinya juga akan melibatkan masyarakat maupun jajaran pemerintah daerah, tetapi yang sangat terpenting adalah membangun kebersamaan dan kekeluargaan di tubuh TNI-Polri di Malteng guna menciptakan Sitkamtibmas yang baik.

Kalau TNI dan Polri bermusuhan, lalu bagaimana dengan masyarakat di daerah ini. Sudah pasti keamanan dan ketertiban masyarakat juga ikut terganggu maka pembangunan di daerah ini tidak maju dan berkembang dan mungkin juga tidak ada inpestor yang mau datang membangu di daerah kita, pungkas Dalimunthe.

Solidaritas dan penyatuan unur bawahan itu sangat penting sehingga kami sebagai pimpinan di jajaran TNI-Polri tetap sepakat untuk menjadikan mereka sebagai satu keluarga dan orang saudara tanpa ada perbedaan bik suku, agama budaya maupun ras, karena pepatah mengatakan di mana bumi di pijak di situ tempat kita bernaung dan bersatu untuk membangun.

Kendati demikian sebagai tombak pertahanan dan keamanan Negara dan masyarakat di kabupaten berjuluk Pamahanunusa ini, Dndim bersama semua unsur pimpinan TNI dan Polri wilayah malteng sangat mengharapakan partisipasi dan peran aktif pemerintah daerah malteng dalam membangun kerja sama yang baik dan harmonis untuk tetap menjaga dan mempertahankan sitkamtibmas di maalteng, pinta Dandim. (AT-010)

Jadilah Orang Pertama share:
author