21 June 2024
Ekonomi

Yanindya Bayu Wirawan resmi menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko AP1

Ambon, Ambontoday.com- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (Kementerian BUMN) dan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney selaku pemegang saham PT Angkasa Pura I melakukan pemberhentian dan pengangkatan anggota Direksi PT Angkasa Pura I.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Aviasi Pariwisata Indonesia Selaku Para Pemegang Saham PT Angkasa Pura I Nomor SK-294/MBU/10/2023 dan Nomor KEP.INJ.01.01/23/10/2023/A.0080 tanggal 24 Oktober 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Direksi PT Angkasa Pura I.

Melalui Surat Keputusan tersebut, para pemegang saham mengukuhkan pemberhentian dengan hormat Yudi Rizkyardie Darun sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko AP1 yang diangkat berdasarkan Keputusan Para Pemegang Saham AP1 Nomor SK-3/MBU/01/2022 dan KEP.002/INJOURNEY/01/2022 tanggal 6 Januari 2022, serta mengangkat Yanindya Bayu Wirawan sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko AP1.

Direktur Utama AP1 Faik Fahmi menyatakan optimisme atas bergabungnya Yanindya Bayu Wirawan dalam jajaran Direksi AP1.

“Dengan pengalaman beliau yang telah malang melintang di dunia perbankan nasional dan global, kami optimistis Pak Bayu dengan ekspertis dan pengalamannya akan dapat membawa AP1 ke arah yang semakin baik, khususnya dalam kinerja keuangan. Kami juga yakin Pak Bayu akan dapat meneruskan program kerja sebelumnya, utamanya adalah Program Transformasi yang saat ini tengah berjalan.

Melalui program ini, AP1 berhasil mencatat kinerja keuangan dan operasional yang sangat positif di tahun ini, setelah selama kurang lebih 3 tahun terakhir menerima dampak negatif dari pandemi Covid-19. Kami menantikan inovasi dan terobosan Pak Bayu, sehingga akan semakin membawa AP1 untuk terbang lebih tinggi lagi,” ujarnya.

Memulai karier profesional sebagai bankir, Yanindya Bayu Wirawan telah banyak memegang berbagai posisi penting dalam bidang perbankan di beberapa bank nasional dan global ternama, di antaranya adalah BCA, DBS Indonesia, dan HSBC.

Sebelum mengemban amanah sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko AP1, Yanindya Bayu menjabat sebagai Direktur Pelaksana & Chief Investment Officer PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) setelah bergabung sejak 2012 silam.

Faik Fahmi juga menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Yudi Rizkyardie Darun atas kinerja dan sumbangsih semasa menjabat.

“Pak Yudi merupakan salah satu tokoh kunci yang menggawangi Program Transformasi sejak proses perancangan hingga implementasi. Mewakili Manajemen dan seluruh Insan AP1, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas sumbangsih, dedikasi, kerja keras, dan pengorbanan yang telah diberikan Pak Yudi untuk perusahaan. Kami juga mengucapkan selamat menjalankan amanah dan penugasan yang baru di InJourney selaku induk dari AP1,” pungkas Faik Fahmi.

Adapun susunan Direksi AP1 adalah sebagai berikut:
1. Direktur Utama: Faik Fahmi
2. Direktur Operasi: MMA Indah Preastuty
3. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Yanindya Bayu Wirawan
4. Direktur Human Capital: Israwadi
5. Direktur Komersial dan Pelayanan: Dendi Tegar Danianto. (AT-009).

 

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X